Keshalehan Ayah akan Berpengaruh terhadap Anak-anaknya

Di antara metode parenting Islami adalah seorang ayah semakin mengualitaskan dan menguantitaskan ibadahnya sendiri sebab keshalehan ayah akan berpengaruh terhadap anak-anaknya.

Berkata Asy-Syaikh As-Si'diy:

"Seorang yang saleh akan Allah jaga dia, pada dirinya dan anak keturunannya." (Tafsir As-Si'diy, hal. 667)

Berkata Sa'id bin Al-Musayyab kepada anaknya:

قال سعيد بن المسيَّب لابنه: «لأزيدنَّ في صلاتي من أجلِك، رجاءَ أنْ أُحْفَظَ فيك، ثمَّ تلا هذه الآية: {وَكَانَ أَبُوْهُمَا صَالِحًا}

"Sungguh aku akan menambahkan shalatku karenamu, sebagai harapan untuk aku dijaga karenamu", kemudian beliau membaca ayat: 

{وَكَانَ أَبُوْهُمَا صَالِحًا}

"... dan dahulu ayah mereka orang shalih..."

Dan berkata Sa'id bin Jubair:

وقال سعيد بن جبير: «إنِّي لأزيدُ في صلاتي من أجلِ ابني هذا

"Sungguh aku akan menambah shalatku untuk anakku ini."

Dan dari Mujahid, ia berkata:

وعن مجاهدٍ قال: «إنَّ اللهَ لَيُصلِحُ بصلاحِ العبدِ ولَدَه، وولَدَ وَلَدِه

"Sungguh Allah benar-benar akan memperbaiki -dengan sebab kesalehan seorang hamba-, anaknya dan anak dari anaknya."

ورأى مالك بن دينار رجلًا يسيءُ صلاتَه، فقال: ما أرحمني بعيالِه! فقيل له: يا أبا يحيى! يسيئُ هذا صلاتَه، وترحَمُ عيالَه؟! قال: إنَّه كبيرُهُم، ومنه يتعلَّمون

Dan Malik bin Dinar melihat seorang lelaki yang shalatnya buruk, lalu lelaki itu berkata, "Betapa sayangnya aku kepada anak-anakku!", maka dikatakan kepada lelaki itu: "(Bagaimana mungkin) shalatnya buruk dan dia sayang kepada anaknya?!", ia berkata: "Dia (ayah) adalah yang paling tua diantara mereka (anak-anaknya), dan darinyalah anak-anak belajar."

وعن مالك بن مِغْوَل قال: شكا أبو معشر ابنَه إلى طلحةَ بنِ مُصَرِّف، فقال: استعن عليه بهذه الآية

Dari Malik bin Mighwal berkata, "Abu Ma'syar mengeluhkan anaknya kepada Tholhah bin Mushorrif, maka beliau menjawab: "Mintalah tolong (kepada Allah) atas perkara itu dengan (berdoa) ayat ini: 

{رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي} [الأحقاف: 15]

"Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku." 

(Lihat: Atsaru Adz-dzunub alaa Al-Fardi wa Asy-syu'uub, hal. 61)

Baca juga :