Jangan Pernah Lelah Berdoa Kepada Allah

Jangan Pernah Lelah Berdoa Kepada Allah

Salah satu syarat dalam berdoa adalah jangan isti'jal, yaitu jangan terburu-buru, ingin segera dikabulkan. Silakan berdoa dengan sungguh-sungguh, yakin kepada Allah, khusyu dan sabar.

أَنَّ رَسُولَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – قَالَ : (( يُسْتَجَابُ لِأَحَدِكُمْ مَا لَمْ يَعْجَلْ : يَقُوْلُ : قَدْ دَعْوتُ رَبِّي ، فَلَمْ يَسْتَجِبْ لِي )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Doa salah seorang di antara kalian pasti dikabulkan selama ia tidak tergesa-gesa. (Yaitu) orang tersebut berkata, ‘Aku telah berdoa kepada Rabbku, tetapi Dia tidak mengabulkannya untukku.’ (HR. Bukhari dan Muslim)

Setelah itu orang tersebut tidak mau berdoa lagi, karena merasa sia-sia, kapok, kecewa, dll.

Padahal setiap doa kita yang berisi kebaikan tidak pernah sia-sia, karena akan diberikan balasan kebaikan Allah, sesuai hadits di bawah ini.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Tidak ada seorangpun yang berdoa dengan sebuah doa yang tidak ada dosa di dalamnya dan memuutuskan silaturrahim, melainkan Allah akan mengabulkan salah satu dari tiga perkara, baik dengan disegerakan baginya (pengabulan doanya) di dunia atau dengan disimpan baginya (pengabulan doanya) di akhirat atau dengan dijauhkan dari keburukan semisalnya”, para shahabat berkata: “Wahai Rasulullah, kalau begitu kami akan memperbanyak doa.” Beliau menjawab: “Allah lebih banyak (pengabulan doanya)” (HR. Ahmad)

Semoga kita terus semangat dalam berdoa dan semoga Allah mengabulkan doa kita semua. Aamiin.

(Ustadz Herman Budianto)

Baca juga :