Gubernur Pelawak

Gubernur Pelawak

Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta rupanya punya selera humor tinggi. 

Setelah hampir sebulan dibombardir berita polusi udara Jakarta, Pak Gubernur akhirnya bergerak juga. Ajaib, dua atau tiga hari kemudian tim buser mengumumkan telah menindak empat pabrik yang menjadi sumber polusi.

Hebat betul ini Pak Gubernur dan tim busernya. Sat set sat set kerjanya. Nyata pula hasilnya. Dalam waktu singkat berhasil menemukan empat biangkerok polusi udara kota Jakarta.

Yang paling menarik perhatian saya adalah ketika menyebutkan satu dari empat perusahaan yang ditutup sementara itu merupakan pabrik arang.

Bayangan saya terbang ke Ungaran. Di pabrik briket arang batok kelapa milik kawan saya yang menyuplai pasar di Timur Tengah dan Eropa. Pabriknya besar. Karyawan ratusan orang.

Setelah lihat foto di portal berita "Tempo", Masya Allah.... ternyata yang disebut pabrik arang itu kelasnya UMKM. Apa iya, gara-gara pabrik arang sekecil ini bisa menyebabkan udara Jakarta jadi paling polusi sedunia?

Kenapa tidak sekalian tukang sate Madura dan sate Padang dilarang beroperasi, Pak Heru? Sat set ya sat set tapi jangan ngelawak. 

(By Joko Intarto)

Baca juga :