Turki Juara Dunia Voli Putri VNL 2023 Usai Gebuk China

TEXAS - Timnas voli putri Turki menjadi juara pada ajang FIVB Volleyball Women's Nations League (VNL) 2023 setelah mengalahkan China di College Park Center, Arlington, Texas, Amerika Serikat, Senin (17/7/2023) pagi WIB.

Turki mengemas kemenangan pada set pertama setelah duel yang cukup alot. Melissa Teresa Vargas langsung menunjukkan peran sentral bagi Turki yang menang 25-22 pada set pertama.

Pada set kedua China merespons kekalahan pada set pembuka dengan baik. Li Yingying menunjukkan kemampuan apik dalam membukukan poin sekaligus merepotkan Turki pada set kedua. China menang 25-22 pada set kedua.

Setelah skor imbang, duel Turki vs China berlangsung alot pada set ketiga. Perlahan Turki tampil lebih solid dalam menyerang dan bertahan.

Kepiawaian Vargas diimbangi pula dengan performa Dundar Erdem dan Erbar Karakurt. Sementara peran Yingying bisa diredam Turki yang kemudian mengemas kemenangan 25-19.

Memasuki set keempat daya ledak Turki seakan tak terhentikan. Sebaliknya China gagal bangkit. Vargas masih menjadi motor serangan Turki, diimbangi Zehra Gunes yang menjadi alternatif serangan Turki.

Kesalahan-kesalahan yang dilakukan China pun membuat Turki terus mendekati poin kemenangan. Sebuah blok yang dilakukan pemain Turki membuat bola tak bisa dikembalikan China sehingga skor menjadi 25-15.

Ini merupakan kali pertama Turki menjadi juara. Sebelumnya prestasi terbaik Turki adalah menjadi runner up pada ajang VNL pertama yang berlangsung pada 2018.

Bagi China, status finalis juga menjadi capaian terbaik setelah hanya menjadi peringkat ketiga pada 2018 dan 2019. Penghuni peringkat ketiga pada ajang VNL 2023 adalah Polandia yang mengalahkan Amerika Serikat.

(CNN)
Baca juga :