Titik Awal Perubahan Politik Besar

Titik Awal Perubahan Politik Besar

Oleh: Erizal

Memang, tak sulit melihat dukungan Jokowi terhadap Prabowo. Kentara sekali. Tak perlu media asing melihatnya. Justru, dukungan Jokowi terhadap Ganjar terlihat biasa saja. Sebagai sesama PDIP, tak terlihat istimewa.

Jokowi tak mendukung Ganjar dan hanya mendukung Prabowo, itu nyaris mustahil. Apalagi sejak awal Ganjar memang terlihat dipersiapkan betul oleh Jokowi. Konon, Koalisi Indonesia Bersatu, dipersiapkan buat Ganjar.

Tapi, kenapa saat ini terlihat setengah hati? Justru dukungan Jokowi terhadap Prabowo menguat. Banyak spekulasi soal ini. Gagalnya Piala Dunia U20, satu faktor. Ganjar justru dicalonkan PDIP, faktor lain. Prabowo semakin loyal pula ke Jokowi.

Hanya Jokowi yang tahu siapa sebenarnya yang akan dia dukung. Prabowo saja atau Ganjar juga. Atau malah keduanya. Ajo kesusu. Artinya, sampai di TPS nanti, dukungan itu tak tegas. Jokowi mungkin akan sabar dengan itu.

Wajar, politisi senior PDIP seperti Panda Nababan akan kesal dengan pilihan itu. Gibran dibilang sok hebat, anak ingusan, dan lain-lain. Ini memang situasi yang tak sederhana. Titik awal dari perubahan politik yang lebih besar.(*)

Baca juga :