Silahkan Kades Dukung Ganjar, tapi Rakyat Pilih Anies Baswedan

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pertemuan Bacapres Ganjar Pranowo dengan sejumlah kepala desa (kades) di Jawa Timur menjadi sorotan publik. Lantaran diduga mencatut logo Pemprov Jawa Timur dalam undangan yang diedarkan. 

Terlepas dari itu, relawan pendukung Bacapres Anies Baswedan memandang pertemuan itu ibarat hanya di permukaan saja.

“Silahkan kepala desa mendukung Ganjar. Tetapi rakyat akan tetap mendukung dan memenangkan Anies Baswedan pada Pilpres 2024,” tegas Ketua Sekretariat Konsolidasi Indonesia (SKI) Jawa Tengah, Azmi A. Majid kepada Kbanews, Selasa, 18 Juli 2023.

Menurut Azmi, dukungan para kepala desa itu belum tentu signifikan. Kehadirannya yang menjadi polemik juga bisa jadi hanya formalitas. Sehingga bukan hal yang perlu ditanggapi secara serius.

Justru dengan acara yang menjadi sorotan publik itu, kata dia, akan merugikan kandidat. Sebab akan muncul penilaian negatif dan kurang etis terhadap kandidat yang mengadakan acara tersebut.

Calon pemimpin ideal, sambung Azmi, akan menggunakan cara dan langkah yang beretika. Faham dan mempertimbangkan faktor-faktor tata kelola administrasi serta norma kemasyarakatan. Pun demikian dengan etika politik.

Di era sekarang ini, imbuh Azmi, rakyat sudah semakin cerdas. Tidak saja yang berada di perkotaan. Namun yang tinggal di pelosok desa pun juga sudah sangat memahami. Seperti apa calon pemimpin yang benar-benar tulus dan bisa memahami nuansa kebatinan rakyatnya.

“Saya sangat yakin, bahwa rakyat punya pilihannya sendiri. Dan figur keinginan rakyat itu adalah Anies Baswedan. Akan membawa perubahan dan pembaruan bangsa Indonesia,” tuturnya.

Keinginan perubahan itu, tambahnya, tampak nyata melalui hasil survei oleh sejumlah lembaga riset nasional. Di mana, Lembaga Survei KedaiKopi menyebut sebanyak 61,3 persen rakyat menginginkan perubahan. Hal ini sudah tidak bisa dibantah lagi.

“Rakyat menginginkan perubahan. Sebab apa yang berlangsung selama ini masih jauh dari harapan rakyat kebanyakan. Anies Baswedan adalah jawaban dari harapan tersebut,” tegas Azmi.

Sumber: kba
Baca juga :