SEMAKIN TUA SEMAKIN SEDIKIT TEMANNYA

SEMAKIN TUA SEMAKIN SEDIKIT TEMANNYA

Oleh: Ustadz Satria Hadi Lubis

Menurut penelitian, semakin berumur seseorang semakin sulit mencari teman baru, sehingga semakin sedikit teman karibnya.

Hal itu karena mereka tak lagi menjadikan pertemanan sebagai ajang eksistensi diri dan menambah networking, tapi karena mengandalkan teman lama yang minatnya sama.

Namun ada hal yang tak diungkapkan dalam penelitian tersebut, bahwa semakin tua seseorang maka Allah sengaja ingin membuat orang tersebut merasa kesepian karena sedikit teman karibnya. Lalu mereka terpanggil mencari "teman karib sejati" yaitu : Allah SWT itu sendiri, yang bisa mengobati rasa sepi dan "menemaninya" di kala suka dan duka dengan banyak ibadah dan munajat di masa tuanya.

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah DEKAT (KARIB). Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran" (QS Al Baqarah: 186).

Namun tidak semua orang yang makin berumur menyadari hal tersebut, mereka malah mencari "teman karib" di masa tuanya dengan berbagai pernik duniawi. Malah makin tenggelam dengan dunia.

أَلْهَىٰكُمُ ٱلتَّكَاثُرُ
حَتَّىٰ زُرْتُمُ ٱلْمَقَابِرَ

"Berbangga-bangga dalam memperbanyak (dunia) telah melalaikanmu, sampai kamu masuk ke dalam kubur." (QS At-Takatsur: 1-2)

(*)
Baca juga :