Masya Allah... Manusia dapat hidup hanya dengan kurma dan air

[PORTAL-ISLAM.ID]  Dr Muhammad Salah: "A person can live with only dates and water."

Manusia dapat hidup hanya dengan kurma dan air.

Kurma adalah jenis buah yang bisa tumbuh kapan saja sepanjang tahun.

Buah yang juga sering disebut sebagai buah nabi ini nyatanya kaya nutrisi menguntungkan.

Secara umum, kandungan utama dari buah ini adalah karbohidrat sederhana (70%), terutama gula, seperti sukrosa dan fruktosa.

Kurma juga mengandung beberapa sumber zat gizi lainnya, seperti:

7 gram serat,
2 gram protein,
20% kebutuhan kalium harian,
14% kebutuhan magnesium harian,
18% kebutuhan tembaga,
15%  kebutuhan mangan,
5% kebutuhan zat besi harian, dan
12% kebutuhan vitamin B6 harian.

Tak hanya itu. Kurma juga kaya akan asupan kalsium, zat besi, vitamin K, folat, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin.

Buah dari Doa Nabi Ibrahim

Kurma adalah buah yang Allah SWT berikan sebagai ijabah atas doa Nabi Ibrahim yang meminta rezeki buah-buahan, sebagaimana doa Nabi Ibrahim dalam Surah Ibrahim ayat 37:

رَّبَّنَا إِنِّي أَسْكَنتُ مِن ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِندَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُواْ الصَّلاَةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِّنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُم مِّنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

"Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku (Ismail) di lembah yang tidak ada tanamannya (dan berada) di sisi rumah-Mu (Baitullah) yang dihormati. Ya Tuhan kami, (demikian itu kami lakukan) agar mereka menegakkan shalat. Maka, jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan anugerahilah mereka rezeki dari buah-buahan. Mudah-mudahan mereka bersyukur." [QS Ibrahim: 37]

Baca juga :