Masa Lalu dan Nama Panji Gumilang Al-Zaytun Diungkap Tetangga

[PORTAL-ISLAM.ID]  INDRAMAYU - Endang Rahmat (64) mengungkap sosok Panji Gumilang, pimpinan Ma'had Al-Zaytun di masa lalu. Seperti diketahui, Panji Gumilang jadi perhatian karena berbagai kontroversi yang menyertainya.

Endang yang berasal dari Pandeglang, Banten itu mengaku pernah menjadi tetangga Abdussalam yang kini bernama Panji Gumilang. Sekira tahun 1967-1968, Abdussalam dikenal warga Menes sebagai guru yang mengajar di salah satu Madrasah.

"Dulu kenalnya Abdussalam bin Imam Rasyidi," kata Endang warga di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Rabu (28/6/2023).

"Kenal, dia itu panutan anak-anak, ya karena ngajar di Madrasah Tsanawiyah lah. Itu anak kecil-kecil di Menes taat semua. Karena kalau di Banten yang namanya ulama dihormati banget," katanya.

Endang yang terpaut 14 tahun lebih muda dari Panji Gumilang pun mengaku sering berkomunikasi. Terlebih rumah yang dihuni Panji Gumilang ketika di Menes hanya berjarak sekitar 4 sampai 5 rumah saja.

Panji Gumilang yang dikenal Endang bernama Abdussalam ketika itu dinilai taat beragama. "Beda 14 tahun, ya senior kalau di sini dia Ustaz, saya santrinya lah. Agamanya bagus," ujarnya.

Diceritakan Endang, bahwa Abdul Salam dan istrinya termasuk orang nomor satu di Menes kala itu. Dia (Abdussalam) tinggal di situ hanya karena terpaut pernikahan dengan istrinya.

"Anak-anak saya hafal semua, ada Imam Prawoto, Abu Toto, terus Anis baru Wawan. Anak yang dua masih kecil-kecil," ujarnya.

"Bukan orang situ, cuma terkait perkawinan. Saya gak tahu pacarannya tahu-tahu udah nikah sama orang situ. Terus termasuk orang nomor satu. Nama istrinya Khotimah," ungkapnya.

Setelah beberapa tahun menetap di situ. Nama Abdussalam kata Endang seperti hilang di Banten.

Meski sempat mendengar desas-desus tentang Abdussalam yang dikenal Endang. Namun ia tak lagi bertemu dengan Abdussalam hingga Endang beranjak muda dan merantau ke Jakarta hingga akhirnya tinggal di Indramayu mengajar pencak silat.

Hingga akhirnya pada tahun 1981 Endang Rahmat menetap di Indramayu. Bahkan, setelah itu ia pun menyaksikan pembangunan Al-Zaytun. Namun, ia tidak menyangka bahwa Panji Gumilang adalah orang yang dulu Endang Kenal.

Sulitnya Bersilaturahmi

Sejak berdiri di sekitar tahun 1996, Endang mengaku tidak pernah menginjakkan kaki di ponpes yang terlihat jelas dari rumahnya itu. Hal itu pun hampir dirasakan oleh tetangga sekitarnya.

Namun, di awal beroperasinya ponpes itu, warga mengaku sempat menerima daging kurban, beras saat hari besar.

"Jangankan tiga kali, satu kali pun nginjak Al-Zaytun gak pernah cuman istri saya pernah jalan-jalan pada waktu dulu, beras sama daging Raya Agungan (Hari Raya Idul Adha) ya Muharaman lah. Waktu itu semua warga ya anyar-anyar mah tapi sekarang mah out (tidak pernah lagi)," ujar nya.

Di sisi lain, ada beberapa warga sekitar yang ikut bekerja atau hanya sekedar mengelola persawahan atau perkebunan di Al-Zaytun itu. Namun, hal itu tidak diketahui pasti.

"Sepengetahuan saya sih ada beberapa yang nyambut (kelola sawah) di sana tapi gak jelas sih informasi nya. Katanya sih ada tapi kayaknya orang tertentu," kata Ongki (34) warga lainnya yang sedang membahas Al-Zaytun.

Baca juga :