Liga Pro Saudi sekarang menjadi liga peringkat satu di Asia, Pengaruh Cristiano Ronaldo luar biasa!

[PORTAL-ISLAM.IDSaudi Pro League (Liga Profesional Saudi) menjadi liga sepak bola dengan peringkat tertinggi di Asia.

Saudi Pro League mendapat peringkat sempurna 100 poin dari AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia), sedangkan Liga Korea Selatan dan Liga Jepang menjadi urutan kedua dan ketiga.

Saudi Pro League adalah sebuah divisi teratas liga sepak bola di Arab Saudi. Didirikan pada tahun 1976 dan memiliki 16 tim yang bersaing memperebutkan gelar setiap musim. 

Liga ini semakin populer dan berkualitas selama bertahun-tahun, menarik beberapa pemain dan pelatih terbaik dari seluruh dunia. 

Salah satu alasan utama mengapa Liga Pro Saudi menjadi liga sepak bola terbaik di Asia adalah performanya baru-baru ini di Liga Champions AFC, kompetisi klub utama di benua itu. 

Saudi Pro League mendapat peringkat sempurna 100 poin dari AFC, sedangkan liga terdekat di belakang liga adalah Liga Korea Selatan dan Liga Jepang masing-masing dengan 95,462 dan 93,412 poin.

Alasan lain dominasi Liga Pro Saudi di Asia adalah kemampuannya untuk menarik beberapa nama besar di dunia sepakbola. 

Setelah Cristiano Ronaldo bergabung dengan Al-Nassr pada Januari 2023 setelah kepergiannya dari Manchester United, banyak pemain bintang dari klub Eropa pindah ke Arab Saudi. 

Ronaldo, yang secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa, memuji Liga Pro Saudi lebih baik daripada Major League Soccer (Liga AS), tempat saingannya Lionel Messi bermain untuk Inter Miami.

Dalam wawancaranya baru-baru ini, Ronaldo mengatakan dia membuka jalan bagi pemain top lainnya untuk datang ke Arab Saudi dan dia tidak punya rencana untuk kembali ke Eropa. 

“Liga Saudi lebih baik daripada MLS,” kata Ronaldo. 

“Sepak bola Eropa telah kehilangan banyak kualitas. Satu-satunya yang valid dan masih bagus adalah Liga Premier (Inggris). Mereka jauh di depan semua liga lainnya” Ronaldo menambahkan lebih lanjut.

Setelah kedatangan Ronaldo, menyusul pemain-pemain bintang seperti Karim Benzema (Real Madrid), N'Golo Kante (Chelsea), Jordan Henderson (Liverpool), Kalidou Koulibaly (Chelsea), Edouard Mendy (Chelsea), bergabung dengan barisannya dalam beberapa hari terakhir, menambah kualitas dan keseruan kompetisi Saudi Pro League.

Liga Pro Saudi bukan hanya liga sepak bola terbaik di Asia, tetapi juga salah satu liga paling kompetitif dan menghibur di dunia. Dengan pemain, pelatih, dan timnya yang berkualitas tinggi, hasil yang mengesankan di kompetisi kontinental, dan penggemarnya yang antusias dan suportif, liga ini menawarkan pengalaman yang unik dan mendebarkan bagi pecinta sepak bola di mana pun.

(Sumber: Sportstiger)
Baca juga :