Kalau Pak Oppenheimer gak bikin bom Atom, dan Jepang masih menduduki Indonesia bisa jadi si Bapak masih jadi mandor Romusha 😁

[PORTAL-ISLAM.ID]  Kalau Pak Oppenheimer gak bikin bom Atom, dan Jepang masih menduduki Indonesia bisa jadi si Bapak masih jadi mandor Romusha....

Film Biopik karya Christopher Nolan, Oppenheimer, mengangkat kisah ilmuwan ahli fisika yang kemudian dikenal sebagai 'bapak bom atom'. 

Film ini menceritakan tentang Julius Robert Oppenheimer (1904-1967), saintis di balik proses pembuatan senjata nuklir pertama, dan timnya, Manhattan Project, pada era Perang Dunia II.

Di bawah kepemimpinan Oppenheimer, sekelompok kecil ilmuwan abad 20 itu menciptakan senjata yang sangat mematikan. Mereka melakukannya dari hal terkecil; membelah atom.

Bom atom sendiri memiliki kekuatan destruktif yang luar biasa. Kekuatannya berasal dari pelepasan energi secara tiba-tiba yang dihasilkan dengan membelah inti elemen fisi yang membentuk inti bom.

Uji coba pertama senjata ini berlangsung di gurun Alamogordo pada 16 Juli 1945. 

Dan kurang dari sebulan, dua buah bom atom meledak di Jepang. Tepatnya di kota Hiroshima dan Nagasaki pada 6 dan 9 Agustus 1945 dan mengakhiri Perang Dunia II. 

Baca juga :