Kakak Gus Baha: Anies Baswedan Tokoh Paling Ideal Jadi Presiden RI

[PORTAL-ISLAM.ID]  Ulama terkenal dari Pondok Pesantren Al Tahfidzul Qur’an Narukan Rembang KH Nasirul Mahasin menyatakan keyakinannya bahwa dunia pesantren akan makin maju jika Anies Rasyid Baswedan menjadi Presiden. Dia mengerti luar dan dalam dunia pesantren yang bukan hanya mengajarkan ilmu tetapi juga akhlak.

Menurut Gus Mahasin -demikian beliau dipanggil-, Anies Baswedan adalah tokoh yang paling ideal menjadi Presiden RI.

Ia menyatakan hal itu dalam video Youtube di channel The SpokesPerson yang ditayangkan 1 Juli 2023. 

Kyai yang disapa dengan panggilan Gus Mahasin itu merupakan sosok yang kharismatik. Dia adalah kakak kandung dari alim terkenal yaitu KH Ahmad Bahauddin Nursalim yang akrab  dipanggil Gus Baha. Ilmu Gus Baha sangat tinggi dan sudah menerima status sebagai wali dari ulama sufi di Jawa.

Pesantren pilar pendidikan paling penting

Pesantren, kata Gus Mahasin, sangat penting dalam menjaga marwah Islam. Pesantren tidak hanya mengajarkan ilmu tetapi menjadi contoh yang baik (uswatun hasanah) seperti yang diajarkan Rasulullah SAW.

“Pesantren adalah pilar paling penting pendidikan Islam di Indonesia," kata Gus Mahasin.
 
"Pesantren merupakan lembaga pendidikan tua yang sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Tidak boleh ada intervensi atau kegiatan yang bertujuan langsung atau tidak untuk melemahkan peranan pesantren,” kata ulama yang semasa mudanya pernah menjadi wartawan di Jakarta itu.

Menurut data yang dia terima, pesantren yang terdaftar di Kementerian Agama ada sekitar 30.000 yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Yang terpenting dalam pengembangan pesantren adalah regulasi yang ada tidak hanya bertujuan mencetak orang pintar tetapi juga berguna dan bermanfaat untuk umat; untuk  bangsa dan negara. 

Masalahnya sekarang, tanya Gus Mahasin, siapakah orang yang cocok dan mengerti untuk mengurus dunia pendidikan pesantren?

“Sebagai  pendidik yang lama bergelut di bidang pendidikan, Anies lah yang mempunyai konsep bagaimana memajukan dunia pesantren,” kata Gus Mahasin.

Diakuinya, Anies pernah datang ke Pesantren asuhannya di Narukan untuk bertemu dia dan Gus Baha. Mereka diskusi berjam-jam. 

“Saya melihat dia mempunyai konsep tentang mengembangkan dunia pesantren. Konsepnya dahsyat dan realistik. Sangat mungkin untuk dilaksanakan,” ujar KH Nasirul Mahasin.

Dari tiga nama  yang disebut-sebut sebagai Capres itu, yang paling mengerti dan mampu mengembangkan dan membuat dunia pesantren semakin baik adalah Anies Baswedan. 

Anies tokoh yang paling ideal menjadi Presiden RI

"Menurut saya tokoh yang paling ideal (menjadi Presiden RI) ya mas Anies Rasyid Baswedan. Mas Anies itu sosok yang jelas islaminya. Kemudian mas Anies itu punya visi dan amanah," ujar Gus Mahasin dikutip portal-islam.id dari chanel Youtube The SpokesPerson. 

Simak selengkapnya video....

[VIDEO]
Baca juga :