Jemaah Haji Ini Borong 1 Kg Emas di Jeddah, Untuk Dibagikan Sebagai Oleh-oleh

[PORTAL-ISLAM.ID] Jemaah haji bernama Mira Hayati asal Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) tengah menjadi pembicaraan usai membeli emas seberat 1 kilogram di Tanah Suci. 

Mira mengaku membeli emas sebanyak itu untuk dibagikan kepada keluarganya sebagai oleh-oleh.

Lantas berapa harga emas di Jeddah?

Berdasarkan situs Saudi Arabia Gold Price, harga emas di Jeddah per 6 Juli 2023 sebesar 241 SAR per gram. Bila dirupiahkan maka nilai emas di Tanah Suci setara dengan Rp 964.000 per gram. Harga ini berlaku untuk emas dengan kadar 24 karat.

Sedangkan untuk emas 18 karat, harga per gramnya dibanderol senilai 181,64 SAR atau setara dengan Rp 726.560. Meski begitu, harga emas yang dibeli oleh Mira saat di Jeddah kemungkinan jauh lebih mahal dibanding harga emas di atas.

Sebab emas yang dibeli Mira berupa perhiasan, bukan emas batangan. Diketahui emas perhiasan sendiri biasanya ditentukan oleh penjual berdasarkan desain dan nilai estetika. Hal ini dikarenakan produk emas perhiasan umumnya dibuat oleh para pengrajin.

Sebagai informasi, Mira membeli emas dengan total berat mencapai 1 kg di Tanah Suci Mekah usai menunaikan ibadah haji. Emas yang dibeli ada berbagai macam, mulai dari cincin, gelang, hingga kalung.

"Saya beli emas pada saat selesai menjalankan ibadah haji" ujar Mira kepada detikSulsel, Kamis (6/7/2023).

"Iye, saya belanja emas kemarin 1 kilogram lebih, ada gelang, kalung, cincin. Oleh-oleh emas untuk anak, orang tua dan mertua," ucapnya lagi.

Mira mengaku total harga emas yang dibeli mencapai Rp 1 miliar. Salah satu kalung yang dibeli seharga Rp 366 juta.

Baca juga :