"Jadi Bapak mau menyerahkan partai Bapak atau milih jadi TSK?"

[PORTAL-ISLAM.ID] "Jadi Bapak mau menyerahkan partai Bapak atau milih jadi TSK?" begitulah sentilan netizen akun @PartaiSocmed di twitter.

Walaupun tidak menyebut nama dan partai, tapi publik sudah bisa menebak hal ini terkait Ketua Umum Golkar yang juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang diperiksa Kejaksaan Agung dalam kasus koruspi ekspor CPO atau Mafia Minyak Goreng.

Raut Airlangga Hartarto Usai DIperiksa Hampir 13 Jam di Kasus Mafia Minyak Goreng

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin 24 Juli 2023. 

Airlangga diperiksa selama hampir 13 jam dengan 46 pertanyaan yang diajukan penyidik Kejaksaan Agung. 

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung, Kuntadi, mengatakan tim penyidik meminta penjelasan Menteri Airlangga perihal kebijakannya dalam mengatasi kelangkaan minyak goreng. 

Kuntadi menuturkan, dalam kasus minyak goreng, berdasarkan fakta persidangan, terbukti bahwa kebijakan menteri dalam pemberian izin ekspor CPO untuk beberapa perusahaan malah menimbulkan kerugian perekonomian negara.

“Untuk membuat terang peristiwa pidana, kami memandang perlu untuk memeriksa Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Perekonomian, khususnya berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab beliau untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng dan pemberian fasilitas ekspor CPO,” ucap Kuntadi.

Soal dugaan keterlibatan Airlangga dalam kasus CPO, Kuntadi mengatakan, tim penyidik masih harus mendalami fakta-fakta hukum yang terungkap selama persidangan. 

Terkait apakah Airlangga akan ditetapkan tersangka, Kuntadi menegaskan pemeriksaan terhadap Airlangga masih penyelidikan awal. 

“Proses masih berjalan dan itu masih kami lihat perkembangannya. Jadi, tunggulah, jangan terburu-buru,” ucap Kuntadi.
Baca juga :