Israel Terancam Perang Saudara

[PORTAL-ISLAM.ID]  TEL AVIV – Pejabat senior di kepolisian “Israel” mengatakan desakan pemerintah untuk melakukan rencana perombakan yudisial yang kontroversial mungkin dapat mendorong “Israel” menuju perang saudara, menurut situs berita Israel Hayom.

Israel Hayom mengatakan bahwa polisi telah “membunyikan alarm setelah intelijen menunjukkan bahwa protes yang meningkat dapat mengakibatkan peningkatan gesekan” antara pendukung dan penentang rencana tersebut.

Polisi telah mulai membentuk “tim darurat” untuk memisahkan penentang dan pendukung perombakan yudisial, situs berita “Israel” menambahkan.

Mereka juga telah memantau konten dan pesan yang dibagikan di media sosial di antara aktivis sayap kanan pro-pemerintah, yang diduga mengatakan mereka ingin memblokir pintu masuk kibbutze sebagai penyeimbang pengunjuk rasa anti-pemerintah.

Seorang perwira polisi senior memberi tahu Israel Hayom bahwa situasinya “akan menjadi lebih kejam dan lebih parah.”

“Kami akan memisahkan kedua belah pihak, kami tidak akan membiarkan kibbutzim diblokir, karena ini akan mengharuskan kami menangani operasi yang sama sekali berbeda,” kata pejabat yang tidak disebutkan namanya itu sebagaimana dikutip Israel Hayom.

Petugas itu menambahkan bahwa tim tanggap darurat akan dikerahkan berdasarkan jumlah protes dan permukiman yang kemungkinan menjadi sasaran protes, menambahkan bahwa sudah ada kasus kekerasan.

Sebuah jajak pendapat publik baru-baru ini yang dilakukan oleh Channel 12 “Israel” menunjukkan bahwa mayoritas orang “Israel” takut akan perang saudara karena krisis pemeriksaan peradilan.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa 67% responden mengkhawatirkan perang saudara, sementara 29% mengesampingkan skenario ini.

RUU perombakan peradilan mengusulkan pembatasan kekuasaan Mahkamah Agung, yang menurut para kritikus akan sangat menghambat independensi peradilan dan “membahayakan demokrasi Israel.”

Koalisi sayap kanan yang dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu ingin membatasi kemampuan Mahkamah Agung untuk membatalkan keputusan yang dibuat oleh pemerintah, menteri dan pejabat terpilih, termasuk penunjukan menteri.

Ratusan ribu orang “Israel” telah mengambil bagian dalam protes massal dalam beberapa bulan terakhir, memotong jalan-jalan utama dan mengganggu kehidupan sehari-hari, termasuk anggota militer yang mengancam akan mundur jika RUU itu disahkan.

Pemerintah garis keras untuk sementara menghentikan perombakan yang memecah belah pada Maret setelah pemogokan umum, tetapi sekarang, dan karena tidak adanya negosiasi dengan pihak oposisi, pemerintah bertekad untuk melanjutkan proses legislatif. Pembacaan pertama telah diadopsi oleh parlemen. (arrahmah.id)

[VIDEO]
Baca juga :