Ini Yang Membuat THREADS Kalah Melawan TWITTER: Bukan Jumlah Pengunduh Aplikasi, Tapi JUMLAH PENGGUNA AKTIF HARIAN

BREAKING: Metrik Twitter Bisa Mencapai Tertinggi Sepanjang Masa | Pengguna Instagram Bermigrasi ke Twitter?

CEO Twitter Linda Yaccarino baru saja mengumumkan penggunaan Twitter tertinggi sejak Februari, dan Elon mengumumkan bahwa penggunaan screen time Twitter dapat mencapai All Time High (Tertinggi sepanjang masa) minggu ini. 

Mari jelajahi apa yang sedang terjadi, karena media mencoba melukiskan gambaran yang sangat berbeda…

Meta mencoba menyalin (copy-paste) Twitter, memamerkan jumlah pendaftaran mereka. TETAPI, bagaimana jika saya memberi tahu Anda bahwa ini BUKAN metrik yang harus dilihat.

Meta (Facebook, WA, Instagram) memiliki 3,59 miliar pengguna di semua platform mereka (2 miliar di Instagram), lebih dari 77% pengguna internet. Bagi mereka untuk mendapatkan beberapa juta pengguna di aplikasi baru apa pun yang mereka luncurkan adalah hal yang sangat mudah. Tantangannya adalah: PENGGUNA AKTIF HARIAN.

Meyakinkan seseorang untuk mengunduh aplikasi baru dan terhubung ke Instagram mereka adalah satu hal, tetapi merupakan tantangan yang LEBIH SULIT untuk meyakinkan mereka untuk menggunakannya secara teratur, dan untuk itu kita perlu menunggu Meta merilis datanya.

Investor dan analis selalu fokus pada Pengguna Aktif Harian (DAU) setiap kali mencoba menghargai platform media sosial atau menentukan keberhasilannya.

TWITTER MENDAPATKAN MANFAAT DARI CLONE META?

Saya tweet 2 hari yang lalu bahwa peniru Meta bisa menjadi berkah tersembunyi untuk Twitter. Alasan saya relatif sederhana:

Pengguna Instagram yang tidak pernah menggunakan Twitter akan mengunduh tiruan Twitter mereka (ini adalah strategi pemasaran Meta)

1. Mereka akan menggunakan peniru Twitter baru (Threads -red), yang terbatas dan tidak jauh berbeda dengan Instagram

2. Jika mereka menikmatinya, mereka akan tahu itu adalah tiruan Twitter, dan memutuskan untuk mengunduh dan mencoba 'hal yang sebenarnya': TWITTER

3. Klon Meta (Threads) akhirnya malah menjadi jembatan ke Twitter, pengalaman yang berbeda secara fundamental dengan lebih banyak fitur dan fokus pada Free Speech

4. @elonmusk mengkonfirmasi logika teori, menjawab dengan “penilaian yang akurat. Utas hanyalah Instagram minus foto, yang tidak masuk akal”.

Apakah teori ini akhirnya terwujud, hanya waktu yang akan menjawabnya, tetapi menurut saya ini lebih masuk akal daripada pengguna Twitter yang bermigrasi ke peniru (Threads) dengan lebih sedikit fitur dan kebebasan berbicara yang terbatas.

MENINGKATKAN METRIK TWITTER?

CEO Twitter mengumumkan hari ini bahwa "minggu lalu kami memiliki hari penggunaan terbesar kami sejak Februari," dan Elon menjawab bahwa 'kumulatif detik pengguna per hari waktu layar ponsel dapat mencapai rekor sepanjang masa minggu ini'.

Ini adalah metrik yang penting, lebih dari unduhan aplikasi atau penyebutan di media.

Apakah Anda setuju dengan penilaian saya?

Akankah Meta akhirnya membuat jembatan bagi pengguna Instagram untuk MENGUNDUH dan menggunakan TWITTER?

[By @MarioNawfal]
Baca juga :