Erdogan ke Arab Saudi, Hadiahi Pangeran MBS Mobil Listrik Buatan Turki

[PORTAL-ISLAM.ID] JEDDAH - Presiden Turki Tayyip Erdogan bertemu Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman di Jeddah, Arab Saudi, Senin (17/7/2023). 

Hubungan Arab Saudi dan Turki yang sempat tegang beberapa tahun lalu semakin cair. 

Dalam kunjungan Presiden Recep Tayyip Erdogan ke Saudi terbaru, dia membawa hadiah untuk Perdana Menteri sekaligus Putra Mahkota Muhammad bin Salman (Pangeran MBS) berupa mobil listrik Togg buatan Turki.

Pangeran MBS menerima Erdogan dalam sebuah upacara kenegaraan di Istana Al-Salam di Jeddah, Senin (17/7/2023) malam.

Mengutip Anadolu, setelah keduanya melakukan pembicaraan kerja sama bilateral, Erdogan mempersembahkan mobil listrik merek Togg kepada Pangeran MBS. Mobil tersebut adalah buatan BUMN Turki, Togg, yang fokus pada produksi mobil listrik mewah.

Keduanya lalu memeriksa kendaraan berkelir putih itu di halaman Istana. Setelah itu, Pangeran MBS duduk di kursi kemudi, sedang Erdogan di kursi sampingnya. Pangeran MBS pun membawa Erdogan kembali ke hotel tempatnya menginap.

Menurut SPA, Erdogan juga menghadiahkan mobil listrik perdana buatan negerinya itu kepada Raja Salman.

Kunjungan Erdogan ke Jeddah merupakan bagian dari roadshow-nya ke Timur Tengah. Setelah dari Saudi, dia akan melanjutkan kunjungan ke Qatar dan Uni Emirat Arab (UEA).

Di Jeddah, MBS dan Erdogan menyaksikan penandatanganan beberapa perjanjian kerja sama bilateral di bidang energi, industri pertahanan, penelitian dan pengembangan, investasi langsung dan media. Arab Saudi juga menandatangani dua kontrak dengan perusahaan pertahanan Turki, Baykar.

Kunjungan Erdogan kala itu menandai kembali rekatnya hubungan kedua negara yang sempat retak sebagai buntut kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khassoghi di Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018.

[VIDEO]
Baca juga :