Curhat Calon Dokter Spesialis Diminta Duit Ratusan Juta Biayai Kebutuhan Dosen

Jangan DENIAL!
by TERE LIYE

Saya percaya, masih banyak dokter2 yg baik. Teman2 sAyA dulu di UI, teman2 kampus, dll dsbgnya. Saya kenal mereka.

Masalahnya, saya juga percaya, banyak dokter2 yg brengsek. Mata duitan. Tdk profesional. Sy itu bahkan mengalami sendiri beberapa kejadian soal ini. Sakitnya apa, eh diagnosanya apa, sudah mahal, zonk pula. Jangan DENIAL deh.

Lantas kenapa sih dokter jadi begini? Padahal bukankah dokter ini seharusnya mulia sekali? Mereka disumpah untuk jadi orang baik loh.

Simpel:

1. 20 tahun terakhir, adalah fakta, bahkan baru kuliah saja, kedokteran adalah fakultas termahal. Bagaimana kita mau menghasilkan dokter yg baik? Siapa yg mau ditugaskan ke daerah2, jika kuliahnya sudah ratusan juta. Rugi.

2. Itu betul, masih ada yg bisa kuliah gratis malah. Dapat beasiswa, dapat keringanan. Tapi berapa persen mahasiswa2 ini? Cuma secuil dari secuil. Sekarang itu, bahkan kampus2 tdk terkenal, masuk FK itu muahal. Sikut2an. Nyuap. Ampun deh.

3. Adalah fakta, dokter-dokter berebut kerja RS di kota2 besar. Praktek di tempat basah. Adalah fakta RS juga berebut bikin layanan premium. Bukan main. Biaya jadi dokter mahal, maka akibatnya, ujung ke ujung.

Maka,

Jika pemerintah benar-benar mau menyelesaikan masalah ini, ayo perbaiki di titik paling awalnya. Sistem pendidikan dokter.

Berapa sih sebenarnya biaya mendidik dokter? Katakanlah 200 juta selama 4-5 tahun kuliah. Yuk mari, gelontorkan 10 trilyun setahun untuk melahirkan dokter-dokter. Itu setara 50.000 orang loh. Gratis. Full beasiswa. Cari anak-anak paling pintar, paling semangat, dari Sabang sampai Merauke.

20 trilyun itu banyak?

Ssst... kartu pra kerja menghabiskan 50 trilyun! Saya tidak tahu apa manfaat program kartu pra kerja hari ini. 

Mending habiskan 20 trilyun per tahun utk 50.000 dokter-dokter baru. Kongkrit, kita dapat dokter betulan. 10 tahun program ini dilakukan, kita bisa punya 500.000 dokter baru. Direkrut dari generasi terbaik. Selesai sudah masalah kekurangan dokter di negeri ini.

Dan karena gratis, semoga tidak terlalu mata duitan lagi.

Setelah proyek pendidikan dokter gratis ini jalan, kita bisa mengurus guru, dan berbagai profesi lainnya.

(TERE LIYE)


Baca juga :