CERDAS! Anies Perlihatkan Ketimpangan di Indonesia dengan Peta Malam Hari

[PORTAL-ISLAM.ID]  MAKASSAR - Calon Presiden Indonesia Anies Baswedan memaparkan ketimpangan di Indonesia hanya menggunakan peta Indonesia saat suasana di malam hari.

Hal tersebut disampaikan Anies Baswedan ketika memaparkan gagasannya di acara Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 13 Juli 2023.

Pada awal pemaparannya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu memperlihatkan peta Indonesia suasana malam hari. 

“Ini peta Indonesia, ini potret Indonesia di malam hari. Apa yang menarik? Kalau boleh diperhatikan di layar ini, ini potret Indonesia di malam hari, tapi sebenarnya yang lebih menarik di potret ini, ini adalah potret kota-kota di Indonesia,” kata Anies.

“Ketika lihat kota-kota di Indonesia, inilah wajah ketimpangan yang ada. Lampu ini menggambarkan kota di Indonesia, ketika kita lihat kota-kota ini, di Jawa paling terangnya itu di Jakarta, Surabaya. Begitu masuk Sumatera (hanya lampu) titik-titik kecil, Kalimatan titik kecil, sampai di kawasan timur (suasananya) gelap,” jelasnya.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu menjelaskan, nyala lampu di kota-kota tersebut adalah potret bagaimana ketimpangan di Indonesia terjadi.

“Saya tidak menggunakan statistik (untuk menggambarkan ketimpangan di Indonesia), pakai ilustrasi (peta malam hari) ini saja. Listrik yang nyala di malam hari. Dari situ terlihat ketimpangan yang luar biasa,” katanya.

Anies Baswedan pun membandingkan dengan keadaan peta Indonesia malam hari dengan negara lain. Diantaranya Korsel dan India. 

Negara India misalnya, pada peta malam hari di negara tersebut, semua lampu menyala dengan rata di semua kota.

“Coba kita lihat negara lain, kanan bawah India. India itu kalau ditanya kompleks. Coba lihat di malam hari, terdapat distribusi yang cukup merata. Di sini terlihat bahwa kota-kota memiliki, dalam tanda kutip, kontribusi yang relatif setara,” jelasnya.

Oleh karenanya, Anies Baswedan menyampaikan, jika nanti ia menjadi Presiden Indonesia, maka ia akan bekerja keras agar semua lampu malam hari menyala di semua kota Indonesia dengan rata, yang menunjukkan bahwa tanah air ada keadilan untuk semua.

“Jadi, visi yang kita ingin menawarkan ke depan, kita ingin di malam hari seluruh kota di Republik Indonesia terlihat menyala terang dari udara,” ujarnya. 

SIMAK VIDEONYA.... video ke-2 FULL.

[VIDEO]
Baca juga :