ANTI IJAZAH PALSU DENGAN SITUS PD DIKTI

ANTI IJAZAH PALSU DENGAN SITUS PD DIKTI

Untuk mengetahui seseorang pernah kuliah atau sedang kuliah di mana, dari tahun berapa sampai berapa, lulus atau tidak lulus; maka kini kita bisa mengeceknya melalui situs Pangkalan Data Mahasiswa Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (PD Dikti).

Adanya data di situs PD Dikti ini juga sangat membantu instansi mana pun (instansi pemerintah atau swasta) untuk mengetahui keaslian ijazah seseorang. Misalnya jika seseorang memiliki ijazah S1 Teknik Kimia ITB, tapi datanya tak ada di situs PD Dikti atau ada tapi statusnya belum lulus atau DO, maka diduga keras bahwa itu ijazah palsu.

Situs PD Dikti juga bisa digunakan untuk mengecek sebuah kampus itu resmi atau abal-abal. Data perguruan tinggi bisa dilihat di situs ini. Kampus tak berizin tak akan ada. Jika kita kuliah di kampus tersebut maka otomatis data kita pun tak akan tercatat.

Sayangnya, di situs ini kita belum bisa mengecek mahasiswa lulusan zaman dahulu. Situs PD Dikti baru ada sejak tahun 2013. Kabarnya, datanya yang sudah dimasukkan ke sana paling lama adalah data sejak tahun 2005. Artinya jika teman-teman benar-benar lulus dari sebuah kampus pada tahun 1985 (atau lebih lama), maka kemungkinan datanya belum ada di situs PD Dikti tersebut (untuk keperluan tertentu kita bisa menempuh cara: datang ke kampus dan meminta data kita di-entry ke PD Dikti). Sayang sekali.

Sayangnya lagi, situs ini kadang-kadang down saat lagi dibutuhkan.

Coba deh teman-teman cari situs PD Dikti di Google, lalu masuk ke situsnya. Ketikkan nama atau NIM di kolom pencarian. Bagaimana hasilnya?

[Ibnu Zaini Atmasan]

Baca juga :