Anggota Parlemen Inggris yang Puji Taliban Terancam Digulingkan dari Posisinya

[PORTAL-ISLAM.ID]  LONDON – Anggota Parlemen Konservatif Inggris, Tobias Ellwood, memuji pemerintah Imarah Islam Afghanistan (IIA/Taliban) karena “mengubah total” Afghanistan, seraya menyerukan Inggris untuk menjalin hubungan dan mengakui otoritas Afghanistan yang baru.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh surat kabar The Telegraph, Ellwood – Anggota Majelis perwakilan untuk Bournemouth East dan ketua Komite Seleksi Pertahanan saat ini – menyatakan bahwa “Dua tahun setelah Taliban memaksa Barat untuk melarikan diri dari Kabul, saya baru saja kembali dari Afghanistan yang benar-benar berubah,” mengacu pada kunjungannya baru-baru ini ke Afghanistan yang disponsori oleh badan amal pembersihan ranjau, The Halo Trust.

“Keamanan telah meningkat pesat, orang bebas bepergian dan korupsi yang meluas yang berdampak pada setiap tingkat pemerintahan mantan Presiden Ashraf Ghani telah hilang sama sekali,” tulisnya. “Dan perdagangan opium pasar gelap yang ditakuti yang merusak perekonomian negara tampaknya telah hilang.”

Ellwood mengakui bahwa Afghanistan yang dilanda perang “belum mengalami kedamaian relatif seperti ini sejak tahun 1970-an. Dan itu terlihat. Jalan-jalan yang padat dipenuhi dengan kehidupan saat semua orang menjalankan bisnis mereka – bebas dari pos pemeriksaan yang tak terbatas dan ketakutan terus-menerus akan kekerasan. Otoritas Taliban (yang berjaga mengamankan area publik) tidak lebih terlihat daripada polisi kita sendiri di London.”

Namun, anggota parlemen mengkritik pembatasan “regresif” pemerintah IIA yang sedang berlangsung terhadap pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan publik perempuan dan anak perempuan, tetapi mengatakan bahwa hal itu berpotensi digunakan oleh Inggris dan pemerintah barat lainnya “sebagai alat negosiasi untuk pemahaman bersama”.

Ellwood mengkritik fakta bahwa “Barat sekarang menahan bantuan internasional [dari Afghanistan], termasuk $9 miliar aset Afghanistan yang dibekukan di luar negeri.” Dia mendesak negara-negara Barat untuk mengevaluasi kembali posisi mereka terhadap pemerintah Afghanistan yang baru, dengan menyatakan bahwa “Jika Barat terus merajuk, kita dapat membuat kesalahan lain yang mendorong negara ke jurang fiskal, yang berpotensi memicu siklus ketidakstabilan, terorisme, dan migrasi massal lainnya. Diperlukan strategi yang lebih pragmatis.”

Ellwood memberikan jalan sederhana bagi Inggris sendiri untuk menangani masalah ini, dengan mengatakan bahwa “Langkah pertama adalah membuka kembali kedutaan kita. Masa depan Afghanistan bisa menjadi perang lagi atau hidup sebagai pengikut Cina. Jalan tengah yang saya lihat – betapapun ketidaksukaan kita tentang hal itu – membutuhkan kita untuk berpikir ulang dan terlibat kembali.”

Komentar itu digaungkan dalam video yang dirilis Ellwood di akun Twitter-nya.

Menyusul artikel dan video tersebut, Ellwood mendapat kecaman yang signifikan dari publik dan rekan-rekan parlementernya, salah satu anggota parlemen menyebutnya sebagai penyebaran “propaganda untuk Taliban” dan ada laporan yang muncul tentang kemungkinan dia digulingkan dari posisinya sebagai Ketua Komite Seleksi Pertahanan. (arrahmah.id)

👇👇
Baca juga :