Alhamdulillah, Jepang telah secara resmi mengizinkan kumandang adzan

[PORTAL-ISLAM.ID]  Alhamdulillah, setelah Rusia serta beberapa kota di Amerika kini menyusul Jepang telah secara resmi mengizinkan kumandang adzan.

Semakin tak ada alasan bagi manusia untuk membantah bahwa kebenaran itu telah sampai kepada mereka... tinggal lagi apakah mereka mau melembutkan hati untuk mengikutinya seperti halnya Sinead O'connor, Mike Tyson, Muhammad Ali dan lain-lain atau sebaliknya.

Masjid Istiqlal Osaka Jepang

Masjid Istiqlal Osaka adalah salah satu tempat ibadah umat Islam yang terletak di Jepang. Masjid Istiqlal Osaka ini dikelola oleh masyarakat Indonesia di Jepang.

Dikutip dari situs resmi Masjid Istiqlal Osaka, pada tahun 2020, kota Osaka baru memiliki satu masjid yang berdiri di daerah Nishi Yodogawa. Walaupun secara wilayah masuk kota Osaka, secara geografis cukup jauh dari pusat kegiatan pariwisata kota Osaka tempat orang-orang Indonesia sering berkunjung seperti Shinsaibashi, Namba, Dotonbori, dan lain-lain.

Masjid itu bernama Masjid Osaka Chibune karena posisinya yang dekat dari stasiun Chibune (Jalur Hanshin Osaka-Kobe).

Dengan posisinya yang cukup jauh dari pusat wisata dan jalur kereta, Masjid Chibune tidak terlalu populer untuk dikunjungi oleh wisatawan Muslim untuk menunaikan kewajiban mereka saat berada di wilayah Osaka.

Selain itu, Jepang juga semakin ramah wisatawan Muslim. Hal ini mendorong pemerintah Jepang dan pihak swasta terutama yang bergerak di bidang pariwisata, untuk menyediakan fasilitas yang memadai untuk para wisatawan Muslim, terutama dalam kebutuhan beribadah.

Oleh karena itu, untuk mempermudah kegiatan ibadah umat Islam di Osaka, dibangunlah Masjid Istiqlal Osaka di Jepang. Selain itu, keberadaan Masjid Istiqlal Osaka diharapkan dapat menjadi pusat pembelajaran Islam bagi komunitas Muslim di Jepang.

Masjid Istiqlal Osaka diresmikan oleh Wakil Presiden Indonesia KH Ma'ruf Amin pada Senin (6/3/2023). 

Kini, Masjid Istiqlal Osaka sudah bisa dijadikan tempat salat berjamaah lima waktu hingga pengajian bagi masyarakat Muslim di Osaka, Jepang. Masjid ini dapat menampung 1.500 jemaah.

Bangunan Masjid Istiqlal Osaka ini bertingkat. Di lantai dasar terdapat minimarket yang menjual makanan halal, lantai 2 merupakan tempat salat bagi jemaah wanita, sedangkan di lantai 3 digunakan sebagai tempat salat jemaah pria.(*)
Baca juga :