Youtuber India Shihab Chottur Berhasil Mencapai Arab Saudi dengan Berjalan Kaki 8.640 Km untuk Menunaikan Haji Tahun Ini

[PORTAL-ISLAM.ID] MEKKAH - Seorang pria dari India melakukan perjalanan dari kampung halamannya di Malappuram India ke Mekkah dengan berjalan kaki.

Malappuram adalah salah satu dari 14 distrik di negara bagian Kerala, India.

Shihab Chottur mencapai Mekkah pada Juni 2023 setelah berjalan kaki lebih dari 8.600 km selama setahun yang dimulai pada 2 Juni 2022.

Dia sempat menunggu berbulan-bulan untuk mendapatkan visa Pakistan untuk menyelesaikan perjalanan ziarahnya.

Shihab Chottur, dari Valancherry, Malappuram, berjalan melalui India, Pakistan, Iran, dan Kuwait selama perjalanannya sejauh 8.640 km ke tanah suci Mekkah Arab Saudi.

Youtuber yang mulai berjalan dari kampung halamannya di Kerala utara pada 2 Juni tahun lalu itu melintasi perbatasan Kuwait ke Arab Saudi pada minggu kedua Mei 2023. 

Chottur mengunjungi Madinah, kota tersuci kedua dalam Islam dan peristirahatan terakhir Nabi Muhammad, sebelum menuju ke Mekkah 21 hari kemudian.

Shihab Chottur, yang mendokumentasikan perjalanannya di saluran Youtube-nya yang memiliki 1,5 juta subscriber ini, berjalan hampir 440 km antara Madinah dan Mekkah hanya dalam waktu sembilan hari. Dia akan melakukan tahap akhir haji ini ketika ibunya, Zainaba, tiba dari Kerala.

Menurut videonya, Chottur melintasi beberapa negara bagian India dalam perjalanannya ke perbatasan Wagah, tempat dia menginjakkan kaki di Pakistan. Rencananya untuk menyelesaikan perjalanan Mekah mengalami kemunduran sekitar 3.000 km ketika otoritas imigrasi Pakistan menghentikannya.

Ternyata, jemaah haji sebelumnya ditolak visa transitnya oleh kedutaan.

Petisi untuk memberinya visa ditolak oleh Pengadilan Tinggi Lahore. Namun, keputusan itu kemudian ditentang di Mahkamah Agung.

Setelah menunggu untuk diizinkan lewat, seperti ribuan peziarah Sikh dari India setiap tahun diizinkan untuk mengunjungi Koridor Kartarpur, Chottur akhirnya mendapatkan visa pada bulan Februari 2023 dan melanjutkan perjalanannya ke Mekkah.

Sekarang, lebih dari setahun setelah dia mulai berjalan, Chottur telah mencapai tujuannya.

ALLAHU AKBAR WALILLAHILHAMD...

[VIDEO]
Baca juga :