Yang Mengagumkan dari Jama'ah Haji Afrika

Oleh: Teuku Zulkhairi
(Langsung dari Mekkah)

Beberapa hari ini saya perhatikan banyak jama'ah calon Haji dari Afrika berusia muda-muda. Khususnya jika kita bandingkan dengan jama'ah jamaah haji Indonesia.

Jadi mereka sering "menang kompetisi". Dalam hal kecepatan berjalan ke masjid, kecepatan thawaf dan termasuk sering menang kalau dalam semua situasi berdesak-desakan.

Jadi orang Afrika mereka menang banyak.

Selain menang karena badannya besar-besar, menang dalam daya tahan menghadapi cuaca panas, juga menang secara usia. Mereka banyak yang berhaji di usia muda.

Pagi ini bersama dr. Yasir sambil santai kami coba wawancara seorang jama'ah calon haji dari Nigeria. Kami tanya mengapa banyak jama'ah calon haji mereka khsusunya dan Afrika umumnya berusia muda-muda.

Orang Nigeria ini menjawab:

"Kami muslim Afrika dari kecil sudah diajarkan utk memiliki tekad berhaji. Jadi saat muda kami betul-betul berupaya mewujudkan tekad ini.."

Masya Allah ya.... semoga kita yang masih muda dapat berjuang mengikuti jejak mereka. Karena jika sudah berusia lansia, kita menjadi lebih lemah. Walaupun bisa saja yang diterima Allah adalah hajinya para Lansia karena mereka menjadi orang-orang yang umumnya lebih kuat imannya, lebih sabar dan lebih yakin.

Tapi kita do'akan saja semoga Allah terima ibadah hajinya orang2 di semua usia. Amiin ya Rabb 🤲

Baca juga :