WISUDA TK, SD, SMP, SMA PAKAI TOGA ??? NORAK !!!

WISUDA PAKAI TOGA ???

Oleh: Fahmi Amhar

Saya kuliah di Austria sampai S3 tidak pernah wisuda pakai toga.

Tahun 1993 ketika meraih gelar Diplom-Ingenieur (Dipl.-Ing.) atau setara S2, kami diwisuda hanya pakai jas biasa saja. Jas yang juga saya pakai waktu ujian, jas yang saya beli second di sebuah bazar seharga cuma sekitar 10 Euro.

Sedang tahun 1997 ketika selesai ujian Doktor-technik (Dr.-techn.) atau S3, saya bahkan males nunggu acara wisuda yang baru akan diadakan 4 bulan lagi. Jadinya oleh departemen tempat saya menyusun disertasi, cuma diadakan farewell party sama pura-pura memberikan roll yang biasanya berisi ijazah. Ijazah yang sebenarnya sudah saya terima beberapa hari sebelumnya "fresh from the oven" (karena saya ikut menyaksikan ijazah itu disegel dengan cap emboss campus, setelah sebelumnya ditandatangani oleh yang berwenang). Sedang roll yang diserahkan profesor saya ini isinya lukisan campus yang belakangnya ditandatangani seluruh civitas departemen fotogrametri & remote sensing.

Agak aneh dan memberatkan sebenarnya, kalau di Negeri Konoha hari ini, dari TK, SD, SMP, SMA sudah wisuda, pakai toga pulak. Norak. 

(fb)

Baca juga :