Patung Bung Karno Tertinggi di Indonesia Dibangun di Bandung, Cara Ridwan Kamil "Memikat Hati" Megawati Jadi Cawapres Ganjar?

Monumen Plaza Bung Karno dengan tinggi 22,3 meter mulai dibangun di Taman Saparua, Kota Bandung. Monumen itu disebut bakal jadi patung Bung Karno paling tinggi di Indonesia.

Kegiatan groundbreaking atau peletakan batu pertama monumen dilakukan pada hari Rabu (28/6/2023) dan turut dihadiri oleh sejumlah tokoh yakni Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, hingga Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Usai peletakan batu, Ridwan Kamil atau yang dikenal Emil mengatakan, bahwa monumen Bung Karno dibangun di Bandung dengan didasarkan aspirasi dari masyarakat. Maka dari itu, biaya pembangunannya pun berasal dari dana gotong royong masyarakat yang angkanya mencapai Rp 15 miliar.

"Pembiayaannya pun datang dari masyarakat, total pembiayaannya Rp 15 miliar hasil gotong royong masyarakat dan pengusaha yang mencintai Bung Karno dan tentu kami fasilitasi," kata Emil kepada wartawan pada Rabu (28/6/2023).

Ditargetkan pembangunan monumen itu bakal rampung dalam tiga atau empat bulan ke depan. Dia pun berharap kegiatan peresmian monumen nanti dapat dihadiri langsung oleh Ketum PDIP sekaligus Putri Bung Karno, Megawati Soekarnoputri

Selain itu, Emil juga berharap monumen yang dibangun itu dapat menjadi semacam pemantik semangat bagi para generasi muda untuk memajukan bangsa menuju Indonesia sebagai salah satu negara adidaya pada tahun 2045 mendatang. Generasi muda diharapkan dapat bermimpi besar seperti Soekarno.

"Mudah-mudahan dalam tiga atau empat bulan bakal selesai, hari ini diwakili oleh Pak Hasto, mungkin nanti pada saat peresmian mewakili keluarga langsung Bu Mega bisa berkenan hadir," kata Ridwan Kamil, seperti dilansir kumparan.

Jadi Cawapres Ganjar?

Pembangunan patung Bung Karno tertinggi di Bandung Jawa Barat ini menuai beragam komentar.

Salah satunya dikaitkan dengan soal cawapres pendamping capresnya PDIP.

"Karier Dudung meroket sejak bikin patung Bung Karno di Akmil Magelang, salah satu cara "membeli" hati Megawati ya dengan itu, karena itu salah satu cara menjaga legacy dan memulihkan nama baik leluhurnya. Ridwan Kamil kemungkinan besar bakal jadi bacawapres Ganjar," komen aktivis media sosial akun @BosPurwa.

Seperti diketahui, Ridwan Kamil masuk menjadi salah satu dari kandidat Cawapres Ganjar yang beberapa waktu lalu disampaikan Puan Maharani.

"Kentara politis diresmikan pas di taun politik & jelang penjaringan cawapres, boleh bangun monumen apa pun apalagi ttg pendiri bangsa tapi setelah sarana prasarana utk kepentingan publik yg layak sdh dikerjakan, ieu mah zonk," komen Rita Flora (@flora_rita27).

👇👇
Baca juga :