"Lindungi atau Persenjatai Kami": Lansia Palestina Memohon kepada Pemerintah Otoritas Palestina

[PORTAL-ISLAM.ID] Sebuah video yang menunjukkan seorang lelaki tua Palestina membuat permohonan yang berapi-api kepada Otoritas Palestina (PA) untuk perlindungan telah menjadi viral menyusul serangan kekerasan oleh ratusan pemukim “Israel” di kota Turmusayya di Tepi Barat yang diduduki, yang menyebabkan satu warga tewas dan 13 terluka.

Video yang telah ditonton ribuan kali itu menunjukkan pria tua itu mencaci-maki Perdana Menteri Mohammed Shtayyeh selama kunjungannya ke Turmusayya.

“Lindungi kami atau persenjatai kami!” kata pria itu, menambahkan bahwa PA memiliki “70.000 tentara yang harus bertugas melindungi desa-desa [Palestina]”.

Pria itu, yang rumahnya dibakar dalam pogrom pemukim, mengatakan dia tidur di jalan, menambahkan bahwa “[PA] bertanggung jawab untuk ini”.

Shtayyeh terlihat di video, tampak kaget dengan komentar tersebut.

“Kami tahu bahwa orang-orang marah dan jengkel, dan mereka memiliki hak untuk itu dan menuntut perlindungan,” jawab PM Palestina itu.

Serangan pemukim Israel skala besar di desa-desa Palestina di Tepi Barat dimulai pada Selasa sore (20/6/2023) dan Turmusayya termasuk kota yang diserang oleh ratusan pemukim Israel.

Sekitar 400 pemukim Israel, banyak dari mereka bersenjata, berbaris melalui pusat kota Palestina, membakar rumah, kendaraan dan pohon, menyebabkan lebih dari 60 mobil dibakar dan 30 rumah dibakar.

Seorang pria Palestina, ayah dua anak, tewas dalam serangan itu dan sedikitnya 13 lainnya terluka.

Kekerasan seperti itu, meskipun biasanya berskala lebih kecil daripada serangan militer “Israel”, telah menjadi kenyataan sehari-hari bagi warga Palestina yang tinggal di Tepi Barat yang diduduki. (arrahmah.id)

[VIDEO]
Baca juga :