Kisah Ilkay Gundogan, Pemain Muslim Imigran Turki Yang Sukses Bawa Manchester City Juara Eropa

[PORTAL-ISLAM.ID]  Musim 2022-2023 menjadi milik Manchester City. The Citizens – julukan Manchester City – jadi klub kedua Inggris yang cetak treble winners: juara Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions. 

Di balik kesuksesan Manchester City ada sosok pemain muslim Ilkay Gundogan yang tak lain adalah sang kapten Manchester City. 

İlkay Gündoğan adalah keturuan imigran Turki yang lahir 24 Oktober 1990 di Gelsenkirchen, sebuah kota industri di Jerman di negara bagian Nordhein-Westfalen. Salah satu pesepakbola dunia yang juga dilahirkan di kota tersebut adalah Mesut Ozil

Sebelum berkarier di Inggris, Ilkay Gundogan tercatat pernah membela beberapa klub di Liga Jerman seperti Schalke 04, Hebler 06, SSV Buer, Vfl Bochum, FC Nuernberg dan Borussia Dortmund.

Bermain di Borussia Dortmund selama dua musim, ia mampu menjuarai Bundesliga Jerman 2011-2012, DFB Pokal di musim yang sama dan berbagai gelar domestik lainnya. 

Ilkay Gundogan dan generasi emas Borussia Dortmund, sempat membawa tim ke laga final Liga Champions 2013. Namun sayang, di laga tersebut skuad asuhan Jurgen Klopp harus kalah dengan skor 3-1 dari rival kuatnya di Bundesliga Jerman, Bayern Munchen. 

Gelandang bertinggi 1,80 m itu akhirnya merapat ke Manchester City pada 2016 dengan tebusan mahar mencapai 27 juta euro atau setara Rp400 miliar. Sejak saat itulah ia menjadi andalan di lini tengah skuad The Citizen

Nama Ilkay Gundogan sempat heboh usai dirinya melakukan sesi foto bersama dengan rekan setimnya di Timnas Jerman, Mesut Ozil dan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan. 

SIMAK SELENGKAPNYA KISAH PERJALANAN ILKAY GUNDOGAN... 

Baca juga :