JUMLAH ISTRI PARA SAHABAT NABI

ISTRI DAN ANAK BEBERAPA SAHABAT NABI

Oleh: Muhammad Laili Al-Fadhli

Abu Bakr Ash-Shiddiq menikah dengan 4 istri dan memiliki 6 orang anak. Salah seorang putri beliau adalah Aisyah yang menjadi salah satu istri Nabi  ﷺ. 

Umar bin Al-Khattab menikah dengan 7 istri dan memiliki 13 anak. Salah seorang istri beliau adalah Ummu Kultsum, putri Ali bin Abi Thalib dan Fathimah. Jadi beliau ini salah satu mertua Nabi, dan juga salah satu menantu dari putri Nabi.

Utsman bin Affan menikah dengan 8 istri dan memiliki 15 anak. Di antara dua istri beliau adalah putri Nabi  ﷺ : Ruqayyah dan Umm Kultsum.

Ali bin Abi Thalib menikah dengan 9 istri dan memiliki 31 anak. Beliau juga memiliki beberapa anak dari Ummul Walad (budak perempuan yang melahirkan anak tuannya). Salah seorang putra beliau, Al-Hasan termasuk yang paling banyak melahirkan keturunan karena disebutkan pernah menikah dengan 70 istri. 

Abdurrahman bin Auf menikah dengan 12 istri dan memiliki 28 anak.

Zubair bin Al-Awwam disebutkan menikah dengan 8 orang istri dan memiliki 21 anak. Salah seorang istri beliau adalah Asma bint Abi Bakr, namun mereka memutuskan berpisah.

Semoga Allah meridhai mereka semuanya. Aamiin 🤲🏻🤲🏻🤲🏻

____
Catatan:
👉🏻 Setelah Islam membatasi jumlah istri, maka para sahabat hanya mengumpulkan 4 istri saja dalam satu waktu. 

👉🏻 Pada dasarnya turunnya Syariat Poligami itu adalah untuk membatasi jumlah Wanita yang boleh dinikahi. Sebab sebelum syariat poligami itu turun, kebiasaan para lelaki dari zaman ke zaman adalah memiliki banyak istri dalam jumlah yang tak terbatas.

Wallahu'alam bisshowab.

Baca juga :