"Dosen itu jalur pengabdian, BUKAN jalur mencari kekayaan. Kalo mau kaya ya jangan jadi dosen!!"

"Dosen itu jalur pengabdian, BUKAN jalur mencari kekayaan. Kalo mau kaya ya jangan jadi dosen!!"

Pernah saya baca orang kasih komentar kek di atas.

Orang-orang yg ngomongnya kek begitu tuh sukanya emang menggampangkan masalah. Asal nyablak aja tapi gak mikir. Pas lagi boker, bisa jadi otaknya ikut keluar tuh.

Mereka ini sok suci dan sok gak mau duit. Yang begini-gini tuh biasanya lain di depan lain di belakang. Udah apal banget saya.

Kadang saya suka penasaran, gejala awal bisa punya pemikiran kek begitu tuh apa ya? Kejang-kejang dulu kah? atau korengan dulu di kepalanya itu?

Herman saya. Kok spesies kek begini masih terpelihara yaaa di Wakanda...?

Jadi gini... 

Dosen itu profesi. Setiap profesi itu hakikatnya adalah jalur menuju kesejahteraan dan kekayaan. Apapun profesinya.

Ada gitu orang yg berlomba-lomba ikutan seleksi kerja pada satu profesi, tp dgn harapan nanti jadi orang miskin, atau tidak sejahtera? Ada gitu? 

Pake lah otaknya. Eh lupa, udah ke 'flush' ya tadi? hehe...

Untuk jadi dosen, seseorang itu harus menempuh pendidikan S3, atau mininal S2. Berapa investasi yg dikeluarkan itu? Banyak dan mahal.

So, sorry ya... Kita berinvestasi pendidikan sampai setinggi itu bukan utk dapet pekerjaan yang tidak mensejahterakan dan tidak membuat kaya.

Kita kuliah dan belajar tinggi-tinggi itu supaya dapet pekerjaan yg bisa bikin kita KAYA dan SEJAHTERA. Bisa bahagia dunia dan akhirat.

Dosen disebut kerja pengabdian oke lah, ada benernya. Tapi kerjaan apa sih di dunia ini yg bukan pengabdian? Setiap profesi itu pada hakikatnya ya pengabdian.

Jadi kuli korporat aja masuknya jg pengabdian tuh. Jadi dokter juga pengabdian. Termasuk juga jadi dukun.. Pengabdi setan kan dia. Jadi bukan cuman dosen doang yg kerjaannya pengabdian.

Dan 'mengabdi' ini bukan berarti harus MISKIN dan GAK BOLEH KAYA. Kita mengabdi untuk dibayar yg banyak, untuk sejahtera. Kita mengabdi secara profesional.

Di luar negeri, dosen itu profesi yang mensejahterakan. Orang-orang disana juga dah paham. Otaknya lempeng. Ilmu dihargai. Jadi dosen di sana itu berarti sejahtera. Hidup layak. 

Cuma di negeri 62 aja ini ada spesies yg punya pemikiran dosen itu "jalur pengabdian bukan jalur mencari kekayaan." 

Darimana sih otaknya belajar ajaran sesat kaya begitu? 

Kapan majunya dunia pendidikan tinggi di Indonesia kalo makhluk model begini masih merajalela. Menggembosi upaya-upaya mensejahterakan dosen di Indonesia.

Udah yang realistis aja lah dalam hidup tuh. Gak usah ngadi-ngadi, ndakik-ndakik sok suci. Gak usah malu-malu untuk bilang mau jadi orang kaya. 

Bermimpi jadi orang yg kaya sejahtera itu BUKAN aib. Justru yg aib itu, di depan sok suci, tapi di belakang diem-diem kamaruk sama duit bertopeng agama. Ujung2nya ketangkep korupsi.

Profesi dosen (termasuk guru dan pendidik) di Indonesia itu HARUS jadi profesi yang mensejahterakan dan membuat KAYA. Negeri ini harus lebih menghargai ilmu.

Hendy Mustiko Aji
[Dosen]

Baca juga :