BANGUNAN TERTINGGI DI AFRIKA, MASJID AGUNG ALJAZAIR

BANGUNAN TERTINGGI DI AFRIKA

Djamaa el Djazaïr (bahasa Arab: جامع الجزائر الأعظم), juga dikenal sebagai Masjid Agung Aljazair, saat ini merupakan bangunan tertinggi di Afrika. Menara utamanya berdiri di ketinggian 265 meter (869 kaki), menjadikannya menara tertinggi di Afrika. Masjid itu sendiri adalah tengara arsitektur yang signifikan dan memegang perbedaan sebagai bangunan tertinggi di benua Afrika.

Masjid ini memiliki menara tertinggi di dunia dan merupakan masjid terbesar ketiga di dunia setelah Masjidil Haram Mekkah dan Al-Masjid an-Nabawi Madinah di Arab Saudi.

Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 27,75 hektar dan menghadap ke Laut Mediterania. Ruang sholat memiliki kapasitas 37.000 jemaah, sedangkan bangunan termasuk kompleks dapat menampung hingga 120.000 jemaah dan memiliki tempat parkir untuk 7.000 mobil. Kompleks ini juga menampung sekolah Quran(قرآن), taman, perpustakaan, area perumahan staf, stasiun pemadam kebakaran, museum seni Islam, dan pusat penelitian tentang sejarah Aljazair.

Masjid ini juga memiliki menara setinggi 265 m (869 kaki), yang menjadikannya bangunan tertinggi di Afrika. Itu juga memiliki dek observasi di atas menara, yang memiliki 37 lantai. Masjid ini dirancang untuk tahan gempa berkekuatan 9,0 dan strukturnya telah diproses secara khusus untuk menahan korosi. Kubah ruang sholat memiliki diameter 50 m (160 kaki) dan menjulang setinggi 70 m (230 kaki).

[Video]
Baca juga :