Anies dan Istri Pamit, Berangkat Haji Diundang Saudi

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan bersama istrinya, Fery Farhati, berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji, Kamis (22/6/2023).

"Kami mensyukuri bahwa tahun ini kami menyambut panggilan-Nya untuk menunaikan rukun Islam terakhir, yaitu ibadah haji. Sore ini kami baru saja meninggalkan rumah dan Insyaallah malam ini kami akan berangkat ke Haramain, dua Tanah Suci," demikian pernyataan Anies dalam keterangannya yang diterima Kamis malam.

"Haji kali ini juga menjadi momen pengingat bagi kami untuk melempangkan niat, meluruskan tujuan, memohon ampunan Allah SWT dan memohon perlindungan Allah SWT dari godaan-godaan nafsu yang dapat mengotori kesucian niat, dan memohon rida-Nya agar kami dan kita semua diberi kekuatan menjalani perjalanan yang akan ditempuh ke depan," imbuhnya.

Anies mengatakan ibadah haji yang akan dilakoninya adalah sebuah perjalanan spritual yang penting dan menjadi titik tolak bagi ikhtiar perjuangan besar ke depan. 

"Perjuangan ke depan yang seharusnya lebih besar dari diri sendiri, lebih besar dari keluarga kami, tapi adalah untuk seluruh bangsa, terutama mereka yang lemah," katanya.

Undangan naik haji dari Arab Saudi

Saat ditemui di kawasan Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, pada Kamis petang (22/6/2023), Anies mengaku mendapat undangan untuk beribadah haji dari Arab Saudi.

"Kami berencana melakukan ibadah haji, dan pihak Saudi menyambut dengan memberikan undangan. Jadi bermula dari kami mau naik haji. Lalu mereka melihat proses visanya, dan mereka berikan undangan," kata Anies kepada wartawan di Bandara Soekarno Hatta.

Anies pun memastikan pengumuman sosok bakal cawapres yang mendampinginya di Pilpres 2024 akan diumumkan usai pulang berhaji dari Tanah Suci umat Islam dunia.

"Sebelum haji enggak mungkin karena tinggal 3 jam lagi. Tapi insyaallah pasti sesudahnya," kata eks Gubernur DKI tersebut.

Namun, Anies enggan merinci kapan waktu persisnya cawapresnya akan diumumkan.

"Tapi sesudahnya itu tanggal berapa belum tahu. Bulannya apa belum tahu. Doakan saja mudah-mudahan lebih awal lebih baik," katanya.

Sebelumnya Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan mengatakan Anies sudah mengantongi satu nama cawapres. Namun, nama cawapres itu diperkirakan akan diumumkan usai naik haji.[CNN]
Baca juga :