Tanggapan Untuk Podcast Deddy Corbuzier, ADANYA PENGKHIANAT ORANG PALESTINA BUKAN MENJADI PEMBENAR KEJAHATAN ZIONIS

ADANYA PENGKHIANAT BUKAN MENJADI PEMBENAR KEJAHATAN ZIONIS

By @dina_sulaeman

Arya Sinulingga dalam podcast Deddy Corbuzier, bilang bahwa pelatih spakbola Palestina orang Israel. Statemen itu djadikn judul podcast Deddy Corbuzier. 

Klik link ini: https://en.m.wikipedia.org/wiki/Palestine_national_football_team, scroll ke bawah, klik "coaching staff", TIDAK ADA orang Israel dalam list. 

Lalu ada yang kasih tau, pelatih tahun 1999-2000 (23 tahun yang lalu), Azmi Nasser warga Israel. Di list itu, yg saya SS, bendera Palestina ditaruh di sebelah nama Azmi. 
Nah, kesempatan buat saya kasih penjelasan tambahan. Soalnya, narasi yg mirip sering dipakai..misalnya:
Ya, banyak yang membela Israel dg bilang "warga dan tentara Zionis aja ada yg Muslim". Atau, ada yg bilang "Dubes Palestina saja menerima kok kedatangan Israel?? Kenapa Indonesia lebih Palestina drpd Palestina?".

Ada juga yang sebarin foto-foto petinggi Hamas yang tinggal di Qatar dlm kondisi mewah.. lalu bilang, "Ngapain bela2 Palestina, pemimpinnya aja hidup mewah".

Nah saya akan jelaskan satu-satu....

Pertama, saat tragedi Nakba 1948 (pengusiran besar-besaran orang-orang Arab Palestina dari kawasan yang jadi "jatah" Negara Israel menurut Resolusi PBB No. 181 Tahun 1947), ada orang-orang Arab yang tersisa. 

Mereka kemudian jadi warga Israel (karena wilayah tempat tinggal mereka ujug-ujug berubah status jadi Negara Israel sejak Mei 1948). Orang-orang Arab-Palestina itu (kebanyakan Muslim), lalu beranak-pinak dan kini jadi 17% populasi Israel. Mereka mengalami banyak diskriminasi, seperti dilaporkan lembaga-lembaga HAM. 

Tapi tentu saja ada yang diuntungkan, hidup nyaman. Salah satu cara hidup enak, ya jadi tentara Zionis. Ada juga yang berjuang mendapatkan kesetaraan, melalui Parlemen, jadi ada yang bikin Parpol. Ada juga vlogger terkenal, pernah diwawancara DC juga. Dalam 1 vlognya, dia menunjukkan seolah kehidupan di Israel baik-baik saja untuk Muslim. Dia tidak mengungkap FAKTA yang jelas-jelas dilaporkan oleh PBB dan lembaga2 HAM, soal kejahatan kemanusiaan Israel di Palestina yg terus berlangsung hingga hari ini; soal nasib para pengungsi (mereka yg diusir dlm tragedi Nakba 1947-1948 dan tahun2 setelahnya); dimana hak mereka utk kembali yg dijamin oleh Resolusi PBB 194/1949 masih blm ditegakkan; dll. 

Semoga dg penjelasan ini paham ya, menapa ada Muslim di Israel, dan itu TIDAK BISA JADI PEMBENARAN atas kejahatan Israel di Palestina.

Saat dulu Indonesia dijajah, ada kan, orang-orang yang jadi antek-antek Belanda? Jadi, kalau ada pihak-pihak yang berbaik-baik dengan penjajahnya, ya itu bukan fenomena asing; tapi tidak bisa dijadikan argumen untuk membenarkan penjajahan.  

Sekarang soal sepakbola.. mengapa pernah ada pelatih dari Israel? Azmi Naser itu orang Arab, agamanya Kristiani. Dia warga Israel, tapi juga punya paspor Palestina. 

Lagi-lagi, jika orang Palestina pernah merekrut dia jadi pelatih timnasnya, itu tidak bisa jadi argumen untuk menganggap Israel bukan rezim penjajah ..

Karena keputusan-keputusan sebagian pihak di Palestina memang sering aneh-aneh. Baru-baru ini saja, di Tepi Barat, sementara Zionis setiap hari membunuhi warga Palestina; para pebisnis Palestina malah buka bersama dg "otoritas" Zionis & kepala penjara Zionis. 

Atau.. dalam kasus Suriah, Hamas yang selama bertahun-tahun dibantu pemerintah Suriah, malah ikut dalam agenda penggulingan Assad. (Tapi mrk sdh menyatakan "tobat"). 

Atau, Dubes Palestina ujug-ujug bilang "tidak masalah kalau timnas Israel datang" sehingga ada yg bilang "Indonesia lebih Palestina dari Palestina",

Penjelasan soal posisi Dubes Palestina& Otoritas Palestina, bisa simak di video saya ini... 

Seperti saya sebut di video, Otoritas Palestina ini sering didemo rakyatnya sendiri; dan "ajaib"-nya mrk pernah membungkam aksi2 demo rakyat Palestina dg gas air mata yg impor dari Israel.

Nah semua itu SERING DIJADIKAN ARGUMEN utk mengajak orang Indonesia agar menormalisasi Israel.. menganggap normal penjajahan (atau menutup-nutupi fakta penjajahan yang jelas-jelas disebut dlm berbagai resolusi PBB). 

Semoga ini bisa terjawab ya, mengapa ada orang Arab di negeri Zionis Israel; mengapa ada orang Palestina yg kerja sama dg Israel; dll.

Yang perlu dilakukan orang yg berhati nurani dan berakal sehat adalah melihat BIG PICTURE-nya, bukan sebatas fakta-fakta parsial.  

Ingat lagi, dulu di Indonesia juga ada pengkhianat dan antek-antek penjajah kan.

Dan kalau masih belum paham bahwa Israel juga sebenarnya merugikan Indonesia, baca tulisan saya yg judulnya "Palestina adalah Kita".

NB: Ada yang lupa saya tulis, tanggal 31/3/2023 kemarin. Israel tanpa alasan, tiba2 aja menyerang pemain dan penonton sepakbola Palestina dg gas air mata.

Menggembor-gemborkan "pelatihnya aja (dulu) orang Israel" sambil mengabaikan kejahatan Zionis, jelas tidak BERPERIKEMANUSIAAN.

[THREAD 👇👇]
Baca juga :