Perbuatan dzalim itu hanya akan kembali kepada pelakunya

[PORTAL-ISLAM.ID] Perbuatan dzalim itu hanya akan kembali kepada pelakunya.... 

"Namun, ketika Allah menyelamatkan mereka, seketika itu mereka berbuat kezaliman di bumi tanpa (alasan) yang benar. Wahai manusia, sesungguhnya (bahaya) kezalimanmu akan menimpa dirimu sendiri. (Itu hanya) kenikmatan hidup duniawi. Kemudian, kepada Kamilah kembalimu, lalu akan Kami kabarkan kepadamu apa yang selama ini kamu kerjakan." [QS Yunus: 23]

Berkaitan dengan perbuatan yang akan kembali kepada diri sendiri, ada sebuah kisah menarik. Di suatu sore, Sayyidina Ali Bin Abi Thalib sedang bercengkerama dengan para sahabatnya. Kemudian, Sayyidina Ali berkata, “Aku tidak pernah berbuat baik kepada siapapun dan tidak ada seorang pun yang pernah berbuat buruk kepadaku.”

Mendengar perkataan ini, para sahabat terheran dan bertanya, “Bukankah engkau telah banyak berbuat baik kepada umat, dan tidak sedikit juga orang yang membenci dan berbuat buruk padamu, lalu apa maksud perkataan ini?”

Kemudian, Sayyidina Ali menjawab, “Tidakkah kalian membaca Al-Qur’an?” Lalu beliau membaca surat Al-Isra’ ayat 7 yang artinya: “Jika kalian berbuat baik maka kalian berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kalian berbuat buruk maka itu juga untuk diri kalian sendiri.” Kemudian para sahabat memahami maksud dari perkataan ini.

Melalui kisah ini, kita dapat mengetahui bahwa segala perbuatan kita akan kembali kepada diri kita sendiri.

Perbuatan baik akan bermanfaat untuk pelakunya sendiri...

Dan Perbuatan dzalim itu hanya akan kembali kepada pelakunya sendiri...

Baca juga :