PASKAH DI PALESTINA

PASKAH DI PALESTINA

Utas by @dina_sulaeman

1/ Saya mau cerita ttg umat Kristiani di Palestina. Mrk juga mengalami pembatasan untuk masuk ke Jerusalem timur, sebagaimana yg dialami umat Muslim yg ingin masuk ke Masjid Al Aqsa (yang juga lokasinya di  Jerusalem timur).

2/ Israel memduduki Yerusalem Timur sejak 1967 (tahun 1949, sudah menduduki Yerusalem Barat) dan kemudian secara sepihak memyatakan bahaw Yerusalem timur adalah milik Israel. 
3/ Mereka memberlakukan aturan-aturan semau mrk, termasuk mengusir orang2 Palestina dari tanah dan rumahnya; serta menghancurkn rumah2 warga Palestina, lalu dibangun permukiman khusus Yahudi-Zionis (penghuninya didatangkan dari berbagai negara). 

4/ Zionis juga mengatur "keamanan" di Yerusalem timur, dalam arti: membatasi keluar-masuk warga Palestina, baik Muslim/Kristiani; memukuli orang2 Palestina, mengusir pedagang, dan berbagai kekerasan lain, termasuk menahan, menembak dan membunuh warga, serta menyerbu ke dlm masjid Al Aqsa dgn alasan "keamanan."

5/ Rezim Zionis telah mlanggar hukum internasional (Konvensi Jenewa), "pasukan pendudukan dilarang merampas properti warga yg didudukinya dan dilarang mengubah demografi". 

6/ Rezim Zionis juga melanggar Resolusi PBB 181/1947 yang menyatakan "Yerusalem adalah corpus separatum; kawasan khusus yg dikontrol oleh PBB" (jadi, bukan dikuasai o/ Israel). 

7/ Israel juga mlanggar hukum HAM internasional, yaitu  "hak untuk hidup" dg melakukan pembunuhan-pembunuhan.

8/ Umat  Kristiani Palestina, ada tradisi ziarah ke  Gereja Makam Suci utk upacara Api Paskah. Tapi, aparat Zionis membatasi  jumlah org yg boleh masuk ke Yerusalem timur. Tahun 2022, Zionis hanya mengizinkan 1500 org Kristiani lewat posko militer utk masuk ke Jerusalem, ke gereja Church of the Holy Sepulchre (gereja Makam Suci). Mrk protes & akhirnya Zionis kasih izin 4000 org boleh masuk.

9/ Umat  Kristiani Palestina juga menjadi korban aksi2 brutal para pemukim (settler) Yahudi-Zionis; yaitu orang2 yg didatangkan rezim Zionis dari berbagai penjuru dunia utk menambah populasi Zionis di tanah pendudukan. Misalnya, kejadian serangan di Church of Gethsemane, dimana di dalamnya ada makam the Virgin Mary, 19 Maret 2023.

10/ Karena itu, kalau ada yg netizen Indonesia bilang “aparat Zionis mnyerang Al Aqsa gara2 ada perusuh Palestina” (ini juga kalimat yang disampaikan oleh  rezim Zionis), mereka telah mengabaikan status rezim Zionis di Yerusalem yang illegal menurut hukum internasional; melupakan bahwa selama ini rezim Zionis terus menghalang-halangi umat Palestina Muslim dan Kristiani utk beribadah di Yerusalem timur.  Sebaliknya, orang2 Zionis dibiarkan masuk ke dlm masjidil Aqsa dg dikawal oleh aparat Zionis.

11/ Baca utas saya sebelumnya, menceritakan bagaimana sulitnya orang Muslim Palestina untuk sholat di Al Aqsa:

12/ Lalu, jika ada perlawanan dari pihak Muslim (kan masjid itu tempat ibadah kaum Muslim?) mengapa disalahkan?

Ini analoginya: ada perampok rumah; dan si pemilik rumah berusaha melawan; lalu si perampok bertindak sangat brutal terhadap si pemilik rumah. Tapi, justru si pemilik rumah yang disalahkan: “Mengapa kalian melawan?! Karena kalian melawan, makanya kami menyerang kalian dengan sebrutal-brutalnya!”

13/ Umat beragama yg sejati di Palestina, Muslim, Kristiani, Yahudi-asli, selama ratusan tahun hidup damai bersama. 

Penjahat sesungguhnya, yang bawa-bawa agama untuk menutupi kejahatannya, adalah kaum Zionis.

[THREAD]
Baca juga :