Neil Dauxois Pria Muslim Prancis Ini Berjalan Kaki dari Prancis ke Masjid Al-Aqsa Menempuh 3.900 Km

[PORTAL-ISLAM.ID]  YERUSALEM - Seorang pria Muslim yang berjalan dari negara asalnya Prancis ke Yerusalem berbicara tentang sambutan hangat yang dia terima dari warga Palestina ketika dia bergabung dengan mereka untuk shalat di Masjid Al-Aqsa.

Neil Dauxois, 26 tahun, putra seorang ibu Aljazair dan ayah Prancis, berjalan kaki sejauh 3.900 kilometer dari rumahnya di kota Lyon. Perjalanannya yang melelahkan memakan waktu 10 bulan, di mana ia melewati Italia, Slovenia, Kroasia, Bosnia dan Herzegovina, Montenegro, Albania, Yunani, Turki, Siprus, dan Yordania.

Setelah mencapai Yerusalem, dia shalat bersama ribuan orang Palestina di Al-Aqsa, situs tersuci ketiga Islam, akhir pekan lalu pada Jumat terakhir Ramadhan, dan sekali lagi pada Senin (17/4/2023) untuk meraih Lailatul Qadr, malam yang paling di tunggu-tunggu selama Ramadhan.

“Terkadang mulus dan terkadang menantang,” kata Dauxois kepada kantor berita Turki Anadolu tak lama setelah tiba di Al-Aqsa, saat dia menggambarkan perjalanannya.

Dia disambut di masjid oleh ratusan warga Palestina yang dengan antusias menyambutnya dan berfoto bersamanya yang mereka bagikan di media sosial.

“Saya tercengang ketika sampai di sini,” kata Dauxois. “Orang-orang memeluk dan mencium saya. Mereka menyambut saya dengan keramahan yang tulus. Saya senang berada di sini dan saya tidak bisa menggambarkan perasaan saya.”

Dia mengatakan tujuannya adalah untuk mencapai masjid dan melakukan itikaf di sana selama Ramadhan.

Ketika dia tiba di Al-Aqsa, Dauxois membawa ransel hitam besar dengan tulisan “Prancis ke Yerusalem dengan berjalan kaki” tertulis di atasnya dalam bahasa Arab dan Inggris.

“Sungguh menakjubkan melihat bagaimana pemuda ini datang dari Prancis ke Al-Aqsa dengan berjalan kaki,” kata seorang jamaah di masjid sambil berdiri di samping pria Prancis itu.
Dauxois mengakui bahwa cuaca dingin membuatnya sulit untuk terus berjalan melalui beberapa daerah, tetapi mengatakan perjalanannya merupakan “petualangan luar biasa yang penuh dengan kemanusiaan dan harapan.”

Dia menambahkan: “Saya tidak dapat mengungkapkan sepersepuluh dari semua yang saya rasakan, dan dalam perjalanan saya bertemu banyak orang dari berbagai agama yang membuka pintu mereka untuk saya. Tanpa bantuan orang-orang ini, perjalanan saya tidak mungkin dilakukan.

“Ketika saya berada di Turki, orang-orang sangat baik dan ramah. Jika bukan karena bantuan mereka, saya pasti sudah menyerah.”

Banyak orang Palestina yang menyambut dan mengundangnya untuk tinggal bersama mereka di rumah mereka di Yerusalem atau Tepi Barat.

Sheikh Ekrima Sabri, mantan mufti agung Yerusalem, mengatakan kepada Arab News bahwa perjalanan orang Prancis ke Al-Aqsa ini harus menginspirasi umat Islam di seluruh dunia untuk mengunjungi masjid dan berdoa di sana sepanjang tahun.

“Al-Aqsa bukan hanya milik rakyat Palestina saja tapi seluruh rakyat dunia, seperti halnya Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah,” kata Sabri.

“Kami mendorong umat Islam dari seluruh dunia untuk mengunjungi Masjid Al-Aqsa setiap saat sepanjang tahun, terutama selama Ramadhan.”

Dauxois mengakui bahwa kebebasannya untuk menghadiri masjid adalah hak istimewa yang tidak dimiliki oleh banyak orang Palestina, sebagai akibat dari pembatasan “Israel”, Dauxois menyatakan dukungannya kepada mereka.

“Saya tahu situasi di sini (Yerusalem dan Palestina),” katanya. “Saya punya banyak teman Palestina yang tidak bisa mengunjungi tempat ini.”

Tujuan berikutnya, tambahnya, adalah “pergi haji ke Makkah dalam satu setengah bulan.” Dia berkata bahwa orang-orang di Arab Saudi “juga mengikuti saya; Saya ingin sekali menerima bantuan mereka dalam perjalanan saya selanjutnya.” (arrahmah)
Baca juga :