Masjid Xinjiang Dipakai untuk Iklan Seronok Pariwisata China

[PORTAL-ISLAM.ID]  XINJIANG - Sebuah iklan pariwisata Cina yang menggambarkan fantasi Buddha abad pertengahan, yang diambil di ruang shalat masjid terbesar kedua di Xinjiang, membuat khawatir warga Uighur. Mereka menyebutnya sebagai penodaan agama.

Video promosi itu menggambarkan seorang wanita Uighur bertangan telanjang sebagai penari dari “Women’s Kingdom”, sebuah pemerintahan fiktif yang ratunya ingin menikah dengan protagonis Cina dari novel klasik Dinasti Ming, Journey to the West.

Wanita itu terlihat berputar-putar di Masjid Agung Kuchar yang kosong.

Video, yang beredar di Douyin, Tiktok versi Cina, muncul di tengah kampanye pariwisata untuk menarik Cina Han ke wilayah paling barat Xinjiang, rumah bagi sebagian besar Muslim Uighur dan masyarakat Turki.

Ada 35,2 juta kunjungan individu ke Xinjiang antara Januari dan Maret tahun ini. Itu menghasilkan 2,5 miliar yuan pendapatan pariwisata, meningkat 36% dari periode yang sama tahun lalu, menurut media pemerintah.

Tetapi orang Uighur mengatakan video semacam itu ofensif dan bagian dari upaya yang lebih luas untuk mengurangi atau menghapus agama dan budaya mereka.

Video itu dibagikan ke Facebook oleh aktivis Uighur dan penyintas kamp pendidikan ulang Zumret Dawut.

Radio Free Asia tidak dapat mengidentifikasi atau menghubungi pembuatnya.

“Pesan untuk Uighur adalah bahwa kami dapat menekan dan bahkan menghancurkan Anda dengan menyerang dan menghancurkan martabat Anda melalui penghinaan – kami dapat melakukan apa pun yang kami ingin lakukan,” kata Ilshat Hassan, Wakil Ketua Eksekutif Kongres Dunia Uighur, dikutip dari Radio Free Asia, Kamis (20/4/2023).

Video dimulai dengan seorang narator Cina menaiki tangga masjid.

“[Ketika Anda] membuka pintu Masjid Agung Kuchar, seorang wanita Qiuci yang cantik, mengenakan cadar, melangkah maju, dan berbagi kenangan Women’s Kingdom dengan Anda,” narator video menceritakan saat wanita itu menari. Qiuci adalah nama Cina untuk kerajaan Buddha abad pertengahan Kusen, dekat situs Kuchar saat ini.

Kata-kata Cina yang digunakan dalam video Masjid Agung, Da Si, juga digunakan untuk merujuk pada kuil-kuil Buddha yang besar.

Video ini tidak menunjukkan bahwa settingnya adalah tempat berkumpulnya umat Islam. Masjid yang pertama kali dibangun pada abad ke-16 dan dibangun kembali setelah kebakaran pada tahun 1930-an ini tidak pernah menjadi tempat ibadah umat Buddha.

Partai Komunis Cina mengaitkan legitimasi kekuasaannya di wilayah Uighur dengan klaim palsu bahwa Xinjiang selalu menjadi bagian dari Cina.

Transformasi situs keagamaan paling menonjol di wilayah Uighur menjadi tempat wisata, penghancuran masjid dan tempat suci lainnya, kriminalisasi ekspresi publik dari kesalehan Islam, dan pengawasan yang meluas telah membuat warga Uighur tidak memiliki tempat untuk merayakan Ramadhan selain di rumah. (arrahmah)
Baca juga :