MAKI Laporkan Dugaan Kebocoran Dokumen Penyelidikan KPK ke Polda Metro Jaya, Firli Bakal Kena? Kapolda Metro Eks KPK Yang "Disingkirkan" Firli

[PORTAL-ISLAM.ID]  Masyarakat Anti Korupsi (MAKI) melaporkan adanya dugaan pembocoran dokumen hasil penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal dugaan korupsi tunjangan kinerja Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Pelaporan itu dilakukan ke Polda Metro Jaya.

"Sudah dilaporkan dengan sarana online hotline Krimum Polda Metro," ujar Koordinator MAKI Boyamin Saiman dalam keterangannya, Sabtu, 8 April 2023.

Pelaporan itu dilakukan pada Jumat, 7 April. Hanya saja, tak dirinci perihal pihak terlapor.

Tapi, Boyamin menyebut ada seorang oknum pimpinan KPK yang membocorkan dokumen hasil penyelidikan.

Dalam pelaporan itu, Boyamin meyakini ada pelanggaran pidana terkait perintangan penyidikan kasus korupsi yang tertuang pasa Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 juncto Nomor 20 tahun 2001.

"Surat Laporan sudah diterima anggota piket Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Bripda Suranta," kata Boyamin.

Adapun, data yang bocor itu merupakan dokumen penyelidikan terkait dengan kasus dugaan korupsi pemotongan tunjangan kinerja (tukin) di Kementerian ESDM.

Diduga, dokumen rahasia tersebut bocor hingga ke tangan pihak yang berperkara. Sehingga, hal itu dianggap sangat berbahaya.

Surat Laporan MAKI Beredar di Medsos

Di media sosial, beredar Surat Laporan MAKI ke Polda Metro Jaya.

Surat itu diunggah akun @PartaiSocmed.

"Isi surat laporan MAKI terhadap 'you know who' atas dugaan kebocoran kasus Tukin ESDM di Polda Metro Jaya," cuit akun @PartaiSocmed yang mengunggah dua foto Surat Laporan MAKI.

Dalam foto Surat Laporan itu pihak oknum Pimpinan KPK yang dilaporkan ditutupi sehingga tidak diketahui persis siapa oknum Pimpinan KPK yang dilaporkan.

Kapolda Metro Jaya Eks KPK

Seperti diketahui, Kapolda Metro Jaya yang baru adalah Inspektur Jenderal (Irjen) Karyoto, yang sebelumnya merupakan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK yang disingkirkan Firli.

Pada November 2022 lalu, Ketua KPK Firli Bahuri mengirimkan surat pengembalian Irjen Karyoto ke instansi Polri.

Lalu oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Irjen Karyoto kemudian diangkat menjadi Kapolda Metro Jaya menggantil Muhammad Fadil Imran. 

Laporan MAKI terkait oknum Pimpinan KPK ke Polda Metro Jaya ini sekarang menjadi bola panas.

Beberapa pihak menduga oknum Pimpinan KPK yang dilaporkan adalah Ketua KPK Firli Bahuri.

Netizen pun menyebut kali ini bakal kena.

"Nah, kita dukung pak Karyoto kali ini. Ayo pak, segera gerak," ujar netizen akun @andemha67.

"Pasti tu orang bakal kena batunya. Mentang mentang sedang berkuasa bisa semena mena, roda kehidupan terus berputar!" cuit akun @AswanaAktivix.

πŸ‘‡πŸ‘‡
Baca juga :