Koster Tegaskan Dukung World Beach Games di Bali tapi Tanpa Israel. Titik.

[PORTAL-ISLAM.ID] BALI - Gubernur Bali, I Wayan Koster, menegaskan sikapnya soal ANOC World Beach Games 2023 di Bali. Ia tegas menutup pintu bagi tim Israel.

Pada Jumat (14/4/2023), Koster sudah bertemu dengan Menpora Dito Ariotedjo dan Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari, di Denpasar. Pertemuan ketiganya membahas terkait World Beach Games di Bali.

Menpora mengatakan bahwa Koster siap mendukung 1.000 persen World Beach Games di Bali. Lalu pada Sabtu (15/4/2023), Koster meluruskan pernyataannya. Ia menegaskan siap mendukung gelaran itu, tetapi tetap tanpa kehadiran atlet Israel.

"Dalam pertemuan, Gubernur Bali, Wayan Koster menegaskan bahwa amanat dan kewibawaan Konstitusi UUD Negara Republik Indonesia 1945 harus ditegakkan dalam penyelenggaraan World Beach Games 2023 di Bali, dengan menjunjung tinggi nilai–nilai kemanusiaan," bunyi pernyataan resmi Koster, Sabtu (15/4/2023).

"Artinya, penyelenggaraan World Beach Games 2023 di Bali dilaksanakan tanpa kehadiran Tim Israel," tegasnya.

Koster juga mengklarifikasi kabar yang beredar bahwa dirinya membuka pintu bagi Israel untuk tanding di World Beach Games di Bali.

"Saya tegaskan berita itu tidak benar, sikap saya tetap konsisten menolak kehadiran tim Israel dalam World Beach Games di Bali tahun 2023," ujarnya.

Sebelumnya, I Wayan Koster juga melakukan penolakan terhadap tim Israel di Piala Dunia U-20 2023. Usai terjadi penolakan itu dan juga penolakan dari pihak-pihak lain, FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah kompetisi.

Baca juga :