KEMUNDURAN

KEMUNDURAN

By TERE LIYE

Berapa usia Soekarno saat jadi presiden pertama Indonesia? 44 tahun. Muda sekali. Dan catat baik-baik, dia tidak datang dari keluarga penguasa. Bukan anak Presiden, Gubernur, atau apalah. Ayahnya memang bergelar Raden, tapi pekerjaannya guru.

Dus, apa artinya?

Artinya, Indonesia itu sejak lama sudah punya pemimpin-pemimpin muda. Usia 40-an, di usia yang produktif, sehat, mencurahkan pemikiran utk bangsa. Dan Indonesia itu sudah sejak lama memberikan kesempatan kepada orang-orang dari keluarga biasa saja untuk menjadi pemimpin. Sepanjang dia memang cerdas, berpendidikan tinggi, punya kemampuan.

Tapi menariknya, saat kita mau 80 tahun merdeka, kita malah mundur loh. Saat kita mengklaim sudah sangat demokratis, bisa memilih pemimpin secara langsung, kita kok malah mundur. Siapa yang dipilih? Keluarga pejabat. Anaknya pejabat, mantu, ipar, cucu. Loh, kita lupa sejarah Soekarno ini dulu? Mudah sekali keluarga pejabat menang pemilihan di sini, dengan literasi rakyat rendah.

Dan besok-besok saat pilpres 2024, ini akan semakin menarik, Prabowo usia 71 tahun. Ada larangan usia tua nyalon? Tidak ada sih. Di negara Amerika juga begini. Tua-tua maju, tua-tua saling berebut kekuasaan. Trump vs Biden, sama tua-nya. Di Malaysia juga begitu. Bebas saja.

Tapi, poin tulisan ini adalah ingatlah Soekarno. Usia 44 tahun dia jadi Presiden. Maka semoga besok lusa, 2029, 2034, Indonesia ini benar-benar punya pemimpin yg sudah muda, berani pula melawan koruptor, gagah menghabisi oportunis, penjilat, berani menendang keluar oligarki dari elit politik.

Wah, repot dik, jika pemimpin yg terpilih ternyata tetap bagian dari kelompok lama. Mereka-mereka saja yg berkuasa. Hanya tukar posisi, gantian. Sambil mengkader anak cucu, untuk besok lusa, lagi-lagi tukar tempat juga, gantian. 20, 30, 40 tahun, ituuu saja penguasanya. Mereka bermain oposisi-oposisian, tuker-tukeran saja posisi.

Sementara itu, saat kita hanya sibuk begini, negara tetangga pendapatan per kapita sudah 1 milyar/tahun. Kita? Berapa? My friend, kinerja itu diukur lewat angka-angka, bukan lewat survey kepuasan.

*fb (10/4/2023)

Baca juga :