Berkah Ramadhan... Meski diblokade, warga Gaza mampu meningkatkan perekonomian selama Ramadhan

[PORTAL-ISLAM.ID]  GAZA - Pada awal Ramadhan di Jalur Gaza, aktivitas pasar melonjak karena para pembeli bergegas membeli makanan dan barang-barang rumah tangga, menentang kondisi ekonomi yang memburuk yang disebabkan oleh blokade “Israel”.

Kerumunan besar pejalan kaki dan antrean mobil terlihat di dalam dan di sekitar area pasar, dengan toko-toko kelontong dan rumah tangga yang penuh sesak dengan pelanggan.

Para pedagang dan pemilik toko melihat bulan Ramadan sebagai kesempatan untuk menghidupkan kembali bisnis mereka, meningkatkan permintaan dari konsumen Palestina, dan mengimbangi stagnasi dan kondisi ekonomi yang buruk dalam waktu yang lama.

“Tidak ada perbaikan dalam situasi ekonomi di Jalur Gaza, tetapi kebanyakan orang cenderung menyimpan sebagian uang dan gaji mereka untuk bulan Ramadhan untuk membeli kebutuhan mereka, yang meningkatkan pergerakan pembelian,” kata Mohammed Abu Jbara, seorang pemilik toko di Gaza, kepada Arab News.

“Kami berusaha untuk menyediakan bahan makanan dalam jumlah yang lebih besar terkait dengan bulan Ramadhan, karena meningkatnya permintaan sekitar sebulan sebelum datangnya bulan tersebut,” tambahnya.

Meskipun Jalur Gaza mengalami kemerosotan ekonomi akibat blokade “Israel” sejak pertengahan 2007, serta tingkat pengangguran yang tinggi dan ketergantungan warga Gaza terhadap bantuan pangan dari lembaga-lembaga internasional, bulan Ramadhan tetap menjadi kesempatan untuk memulihkan ekonomi sebagai bagian dari pemulihan daerah tersebut.

Mereka yang berpuasa di bulan Ramadhan berfokus pada bahan makanan untuk menyiapkan makanan sehari-hari untuk berbuka puasa, dan para wanita tertarik untuk membeli perlengkapan rumah dan dapur dari toko-toko peralatan rumah tangga. Penjualan daging dalam berbagai bentuk, baik segar maupun beku, juga melonjak selama bulan suci ini, sementara penjualan pakaian dan sektor-sektor lain mengalami penurunan sebelum akhirnya bangkit kembali menjelang Idul Fitri.

“Ketika saya menerima gaji di awal bulan, saya menyimpan lebih dari setengahnya untuk membeli kebutuhan selama bulan Ramadhan. Pengeluaran di bulan ini meningkat setidaknya dua kali lipat,” ujar Dia Saadi, 45 tahun, yang sedang berbelanja untuk keluarganya.

Dia menambahkan: “Bahkan mereka yang berpenghasilan terbatas pun tidak dapat melewati bulan Ramadhan dan tidak membeli kebutuhan mereka sendiri. Ada kebutuhan yang tidak dapat dihindari untuk keluarga dan mereka yang berpuasa.”

Transportasi umum dan toko-toko manisan juga mengalami peningkatan aktivitas yang tajam selama bulan suci.

“Transportasi meningkat secara dramatis, terkadang hingga tiga kali lipat dari hari-hari biasa. Kami menderita hampir sepanjang tahun, dan kami menunggu acara-acara tertentu untuk mendapatkan uang dengan bekerja di bulan Ramadhan.” Ammar Daban, 30 tahun, seorang sopir taksi, mengatakan kepada Arab News.

Pembayaran oleh Otoritas Palestina dan pemerintah Hamas di Gaza untuk gaji bulanan para pegawai juga berkontribusi terhadap peningkatan pengeluaran.

Othman Abu Al-Nada, pejabat yang bertanggung jawab atas pabrik susu Al-Nada, mengatakan bahwa penjualan produknya telah meningkat sebesar 70 persen menjelang Ramadan.

Para ekonom sepakat bahwa bulan suci ini merupakan kesempatan bagi perekonomian Palestina yang sedang terpuruk untuk mengalami kebangkitan jangka pendek.

Hamed Jad, seorang jurnalis ekonomi, mengatakan kepada Arab News: “Ramadhan adalah kesempatan besar bagi para pedagang makanan. Ada pergerakan pembelian yang signifikan dan nyata tahun ini, lebih dari seminggu yang lalu sebelum awal bulan.”

Dia menambahkan: “Realitas ekonomi Jalur Gaza sangat sulit selama bertahun-tahun, dan banyak pedagang telah menunggu kesempatan seperti bulan Ramadhan untuk meningkatkan gerakan pembelian dan meningkatkan pendapatan mereka yang memburuk sebagai akibat dari blokade.”  

Baca juga :