Bank Islam Kok Gitu Pelayanannya

Bank Islam Kok Gitu

Oleh: Nuim Hidayat

Hari ini aku kecewa terhadap bank Islam, khususnya BSI. Pagi tadi aku mau menukarkan uang. Pertama, aku ke Mandiri, habis kata petugasnya.

Aku kemudian ngacir ke BSI. Di BSI petugas dan satpamnya ngotot aku harus bawa buku tabungan. Aku bilang, gak tahu buku tabunganku kemana. Udah tahunan gak pakai buku itu. Aku tunjukkan kartu ATM BSI, mereka gak mau. Mereka tetap minta buku tabungan. Aku katakan, zaman udah digital gini pakai buku tabungan. Aku juga jelaskan bahwa aku pernah kehilangan kartu ATM Mandiri, cuma diminta bukti KTP aja, gak dimintain buku tabungan, untuk buat kartu baru. BSI yang katanya bank Islam, kok bikin susah nasabah.

Karena petugas BSI ngasih syarat yang susah, aku ngacir ke BNI. Kebetulan letaknya di seberang jalan. Nukar uang di BNI tidak ada persyaratan apapun. Tidak dimintai nomer rekening, kartu ATM apalagi buku tabungan. Petugas tellernya ramah dan melayani dengan senang hati. Padahal aku nggak punya rekening BNI.

Bank Islam kalau ingin maju harusnya mempermudah nasabahnya. Mempermudah pelayanannya. Bank Islam jangan ditandai cuma pakaian atau jilbabnya belaka.

BSM melebur jadi BSI malah ribet, bikin susah. Atau pemerintah sengaja bikin susah aturan bank Islam? Wallahu a'lam.

(Sumber: fb penulis, 10/4/2023)
Baca juga :