5 Rahasia Manfaat Shaum Ramadhan

5 Rahasia Manfaat Shaum Ramadhan

1. Fungsi Spiritual. Shaum Ramadhan sarana pelatihan diri dalam membangun semangat spiritual (Rohani, batin, religius) dalam rangka mendekatkan diri kepada Tuhan Maha Cinta Allah SWT dengan menunjukkan Amal Sholeh menuju Takwa.

2. Fungsi Emosional (Kejiwaan). Shaum sebagai pelatihan jiwa untuk mengendalikan hawa nafsu dan hawa hewani dengan menahan nafsu makan, minum dan hubungan seksual 
dan perbuatannya dosa.

3. Fungsi Fisiologis (Jasmani, Lahir, Fisik). Shaum melatih Pola Hidup tubuh dalam memenuhi kebutuhan makan minum, Shaum juga dapat menjadi terapi medis automatis, ketika shaum perut kosong...maka enzim enzim dalam tubuh membakar lemak lemak, sel sel mati, racun dan penyakit menjadi energi dan menumbuhkan sel sel baru dan membuat imunitas tubuh meningkat menjadikan tubuh sehat dan awet muda. 

4. Fungsi Sosial (Empati). Dengan Shaum kita melatih merasa kondisi kaum dhuafa,  kekurangan makanan maka timbullah rasa empati, peduli ingin membantu dan memberikan bantuan ke pada kaum muslim yg kekurangan, akhirnya Allah mewajibkan kita Zakat Fitrah setelah selesai shaum Ramadhan sebagai buktinya membenarkan keimanan kepada Allah SWT dan sebagai rasa solidaritas muslim.

5. Fungsi Shaum Ramadhan melatih Hidup Sederhana, Disiplin, Jiwa Sosial, Empati, Kepekaan Sosial dan Jiwa Dermawan.

Semoga bermanfaat bagi kita semua. 

(Oleh: Seli Yusup)

Baca juga :