Mengapa Kita Mau Berpuasa?


Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. 

Mengapa sahabatku mau lapar dan haus saat berpuasa? Karena kalian ingin ridho Allah kan! Karena kalian hamba Allah yang taat kan! Karena sadar sebagai mahlukNya yang banyak dosa dengan harapan Allah mengampuni dosa-dosakan! Karena kalian yaqin ada Hari Pembalasan kan! Karena rindu akan SyurgaNya dan takut murka dan nerakaNya kan! Karena kalian yaqin hanya denga taat bahagia kan! Karena kalian sadar di dunia bukan tempat kalian sebenarnya kan! Karena kalian ingin husnul khotimah kan! Karena kalian ingin kuburan kalian menjadi "rowdhoh minriyaadhil jinan" taman diantara Syurga kan! Karena kalian ingin dibangkitkan di Akhirat nanti denga wajah bercahaya kan! Karena ingin mendapat perlindungan Allah pada suasana dahsyatnya Padang Mahsyar kan! Karena rindu berjumpa dengan para Nabi, terutama Nabi Muhammad kan!

SubhanAllah sahabatku, inilah diantara tujuan dan harapan harapan mulia yang membuat kita mau lapar haus, yang Allah balas dengan ridho dan SyurgaNya.

Simaklah hadist qudsi ini, "Hai MalaikatKu saksikanlah hamba-hambaKu yang beriman kepadaku, Kuperintahkan mereka puasa lapar haus untukKu, mereka mau melakukannya, Sungguh Aku ridho mengampuni mereka, Aku ridho mereka memasuki SyurgaKu."

Insya Allah...aamiin, subhanAllah bahagianya kita berpuasa sahabatku.

(Muhammad Arifin Ilham)

Baca juga :