Drawing Piala Dunia U-20 Indonesia ditunda oleh FIFA, Indonesia terancam dibatalkan sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20, terkait penolakan Timnas Israel

[PORTAL-ISLAM.ID] Muncul rumor drawing Piala Dunia U-20 2023 terancam batal. Padahal Indonesia bisa terancam sanksi FIFA apabila pembatalan tersebut benar-benar terlaksana.

Babak pengundian Piala Dunia U-20 2023 rencananya digelar pada 31 Maret mendatang. Bali menjadi tuan rumah drawing tersebut.

Timnas Indonesia U-20 masuk ke dalam Pot 1 sebagai tim tuan rumah. Total akan ada 24 tim dari 6 konfederasi yang diundi dalam babak grup.

Jelang acara tersebut, tersiar kabar drawing bisa batal. Hal ini berkaitan dengan keterlibatan Timnas Israel U-20 di Piala Dunia.

Beberapa pihak menolak kehadiran Timnas Israel U-20 di Indonesia karena alasan politik. Gubernur Bali, Wayan Koster, bahkan sudah menolak kehadiran Israel di Pulau Dewata.

Pengamat sepakbola yang juga koordinator Save Our Soccer, Akmal Marhali, angkat bicara soal penolakan Israel di Indonesia. Menurutnya, hal itu justru akan merugikan Merah-Putih.

Akmal menilai pembatalan drawing karena menolak Israel bisa berujung sanksi FIFA untuk Indonesia. Dia berharap isu liar tersebut tidak menjadi kenyataan dan pengundian tetap dilaksanakan.

"Saya dapat kabar dari FIFA bahwa rencana agenda drawing Piala Dunia U20 pada 31 Maret 2023 di Bali ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Kenapa? karena FIFA meminta jaminan bahwa 24 peserta (termasuk Israel) yang akan datang dijamin benar-benar aman. Saya berharap tidak terjadi hal yang buruk pada kita, jeleknya (Indonesia) dibatalkan sebagai tuan rumah," ujar Akmal di depan peserta Diskusi Suporter Timnas Indonesia bertajuk "Suara Suporter: Piala Dunia U-20 Harga Mati!", Jakarta, Jumat (24/3/2023), dilansir detiksport.

[Video]
Baca juga :