[PORTAL-ISLAM.ID] Sebuah distrik sekolah di Essex County, New Jersey, sedang menyelidiki tuduhan diskriminasi oleh seorang guru terhadap seorang siswi Muslim berusia 7 tahun.
Keluarga Cassandra Wyatt adalah Muslim. Putrinya yang berusia 7 tahun, Sumayyah dan saudara perempuannya telah mengenakan jilbab, penutup tradisional untuk rambut dan leher, sejak mereka masih sangat muda.
“Saya mencoba mengajari mereka kerendahan hati dan mengajari mereka tentang apa yang Tuhan ingin kita lakukan dan apa tujuan kita di sini,” kata Wyatt.
Wyatt mengatakan guru kelas 2 Sumayyah di Sekolah Dasar Seth Boyden di Maplewood, New Jersey, secara paksa melepaskan jilbab dari kepalanya pada hari Rabu (6/10/2021).
“Dia berkata, 'Ya, Bu, dia melepas jilbabku… Dia berjalan ke arahku mengatakan kamu tidak bisa memakainya di sini, dan kemudian, dia melepasnya.' Dan ketika dia memaksa untuk melepasnya, Sumayyah mencoba menahannya… dan kemudian, dia akhirnya melepaskannya,” kata Wyatt.
Sekarang ada penyelidikan atas insiden tersebut.
Dewan Hubungan Islam Amerika cabang New Jersey, sebuah kelompok advokasi hak-hak sipil untuk Muslim, menyerukan pemecatan guru tersebut.
“Guru tidak hanya meletakkan tangannya di atasnya, tetapi melepas jilbabnya. Ini, tentu saja, memalukan bagi setiap wanita Muslim untuk diekspos seperti ini di depan umum,” kata Selaedin Maksut, direktur eksekutif CAIR-NJ.
Distrik Sekolah South Orange-Maplewood mengatakan anggota staf yang terlibat berhak atas proses hukum sebelum tindakan apa pun diambil. Ia juga mengatakan masalah kepegawaian dirahasiakan karena kewajiban hukum.
Wyatt menyebut hijab sebagai bentuk perlindungan Tuhan. Dia mengatakan Sumayyah trauma dan tidak mau lagi memakainya karena takut kejadian terulang.
"Pertama kali kami keluar, yang merupakan hari berikutnya (setelah kejadian)... dua kali dia melepas jilbabnya dari kepalanya, dan dia mengepalkannya," katanya.
Sumayyah belum kembali ke sekolah sejak insiden itu.
Distrik sekolah menulis dalam sebuah pernyataan bahwa "terlepas dari hasil penyelidikan, kami berkomitmen untuk praktik restoratif untuk membantu siswa, staf, dan keluarga kami memproses kerusakan sosial-emosional yang dilakukan."
CAIR-NJ ingin sekolah mengambil langkah lebih lanjut untuk mengatasi masalah ini, seperti melatih guru dan mengadopsi kurikulum yang memungkinkan siswa untuk belajar lebih banyak tentang Islam.