Erdogan Luncurkan Mobnas Turki TOGG, Hebat Mana dengan Esemka Jokowi?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Turki meluncurkan mobil nasional listrik pertama pada hari Jumat, 27 Desember 2019.

Mobnas ini diproduksi Türkiye'nin Otomobili Girişim Grubu (TOGG) alias Turki Automobile Enterprise Group (Kelompok Usaha Patungan Mobil Turki).

Ada dua varian yang diluncurkan dengan konfigurasi mesin: 200 tenaga kuda dan 400 tenaga kuda. Kendaraan akan memiliki jangkauan hingga 500 kilometer dan baterai Lithium-ion yang diproduksi secara lokal dapat diisi hingga 80% dalam waktu kurang dari 30 menit.

Berbicara pada upacara pembukaan, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan: "Hari ini, kita menyaksikan hari bersejarah mewujudkan mimpi 60 tahun Turki bersama-sama."

"Kami tidak harus membeli lisensi atau izin dari siapa pun, kami menentukan sendiri semua fitur teknisnya," tambahnya, menyoroti peran 100 insinyur Turki yang mengerjakan proyek ini.

Mobil "tidak akan mencemari lingkungan karena akan bekerja dengan teknologi nol-emisi," katanya.

Kelompok Usaha Patungan Mobil Turki (TOGG) - dibentuk oleh lima industrialis Turki terbesar pada November 2017 untuk mengembangkan mobil buatan dalam negeri pertama negara itu - bertujuan untuk memulai produksi massal pada tahun 2021 dan meluncurkan mobil pada paruh pertama tahun 2022.

Menurut rencana hingga lima model akan diproduksi pada tahun 2030. Sementara itu, tiga model yang ada yang diproduksi oleh kelompok akan menjalani perombakan.

Turki telah menggelontorkan 750 juta Lira ($ 126 juta) untuk mendanai inovasi dan pengembangan kawasan untuk produksi mobil nasional, menurut menteri industri dan teknologi negara itu.

Sumber: Daily Sabah

***

Kira-kira mobnas TOGG Turki yang diluncurkan Erdogan ini, apakah bisa mengalahkan kehebatan Esemka-nya Jokowi? Banyak netizen yang menyebut Esemka sangat canggih dengan teknologi STEALTH alias Tak Terlihat.

[Video - Peluncuran TOGG Turki]

Baca juga :