KIP: Pemerintah Juga Kerap Menjadi Sumber Hoax


[portalpiyungan.co] JAKARTA - Kebingungan masyarakat terhadap suatu informasi tidak hanya bersumber dari hoax yang dibuat warga yang tidak bertanggung jawab. Pemerintah pun kerap menjadi sumber hoax.

Demikian disampaikan Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) John Fresly Hutahaean pada sebuah diskusi, di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (7/1/2017).

Misalnya, sebut John, pernyataan menteri satu dengan yang lain bertentangan sehingga warga bingung saat menerima berita.

"Masalahnya kan pemerintah tidak punya suatu kanal informasi. Seperti kementerian A mengeluarkan informasi tentang X, itu berbeda dengan kementerian B dan C. Nah ini menjadi persoalan. Sehingga disimpulkan,'loh kok pemerintah sendiri yang berpotensi menjadi sumber hoax?'," jelas dia.

John mengungkapkan, contoh yang paling nyata saat ini adalah soal kenaikan biaya administrasi surat-surat kendaraan bermotor.

"Jadi lebih kepada persoalan koordinasi dari pemerintah sendiri, menyangkut satu sektor atau isu tertentu. Itu masalahnya," tukasnya.

Sumber: RMOL

Baca juga :