Ratusan Ribu Netizen Desak Google Kembalikan Palestina di Maps


[portalpiyungan.com] Ratusan ribu netizen telah menandatangani petisi yang mendesak Google untuk segera mengembalikan Palestina pada layanan Google Maps yang telah diganti nama dengan mengakui Israel.

Hingga saat ini, lebih dari 232 Ribu orang telah menandatangani petisi yang digagas oleh Zak Martin di situs change.org tersebut. Mereka ikut memprotes tindakan Google yang tidak mengakui keberadaan Palestina.

Diketahui, Palestina telah dihapus dari Google Maps sejak 25 Juli 2016. Pembuat petisi menyebut bahwa tindakan Google sangat tidak manusiawi karena tidak mengakui hak warga Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan negaranya.

"Whether intentionally or otherwise, Google is making itself complicit in the Israeli government's ethnic cleansing of Palestine. (Entah sengaja atau tidak, Google seolah melibatkan diri dalam pembersihan etnis Palestina yang digencarkan Israel)" tulis dalam petisi tersebut.

Petisi yang bertajuk "Google: Put Palestine On Your Maps!" ini juga menuliskan bahwa masalah ini penting. Sebab, Google Maps sudah menjadi rujukan warga dunia, termasuk yang mencermati situasi Israel-Palestina. Jika dibiarkan, maka akan memicu instabilitas politik dunia dan memutarbalikan sejarah dan geografi.

Sementara aliansi Palestinian Journalists’ Forum (PJF) menilai keputusan Google adalah bagian dari konspirasi skema Israel untuk negara zionis tersebut.

"Ini merupakan bagian dari skema Israel untuk membangun namanya sebagai negara yang sah untuk generasi yang akan datang dan menghapus nama Palestina,” ujarnya seperti dikutip oleh Middle East Monitor.

Kini petisi tersebut mengalami peningkatan dramatis dalam jumlah penandatanganan yang besar dalam beberapa hari terakhir. Petisi ini mendapat dukungan dan ditandatangani dari berbagai negara.

"It is unethical n it is inhumane to remove Palestine n put up Israel ...the one n the only apartheid & illegally occupied state in Middle East," kata Farhana Shaheed, dari Singapore, salah satu penandatangan petisi.

"Palestine has been on maps since the Persian empire. Israel has only existed since 1948. It's outrageous that GOOGLE does not know geography," tulis Greta Berlin, Los Angeles, CA.

"Because there is a country called Palestine and it is a disgrace you do not have it on your maps,"
(Jimmy Duddy, Derry, Inggris)

"For a people living under illegal occupation, Google's omission is yet further injustice. Please change your maps to represent international law." (Conor Cusack, London, Inggris)

"Palestine can not dissappear of historical maps, just because a criminal group wants.. Palestine has a history we need respect." (Roxana Valadão, rio de janeiro, Brasil)

Mari dukung dengan tanda tangan petisi dan sebarkan seluas mungkin.

Link Petisi: https://www.change.org/p/google-inc-google-put-palestine-on-your-maps


Baca juga :