JOKOWI KENA BATUNYA Kerap Ejek dan Sindir SBY, Kini Proyek Infrastruktur Impian Jokowi Terancam MANGKRAK


[portalpiyungan.com]  Publik, tertutama netizen tentu belum lupa, dalam beberapa kesempatan, Jokowi selalu menyeret nama mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam berbagai kesempatan terutama yang berkaitan dengan pembangunan dan kebijakan.

Sekedar mengingatkan, proyek pembangunan kompleks olahraga Hambalang, sempat menjadi bahan sindiran Jokowi untuk SBY. Belum lagi proyek tol di ruas Pantura Jawa yang diklaim Jokowi telah mandeg selama 8 tahun.

Sindiran halus bernada mengejek dari Jokowi kepada SBY itu kini menjadi senjata makan tuan. Jokowi kena batunya. Proyek infrastruktur Joko Widodo terancam mangkrak karena tanpa perencanaan secara matang. Bahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani merasa “sulit” dengan APBN yang ada untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur sesuai dengan ambisi Jokowi.

Analisis itu disampaikan pengamat politik Ahmad Yazid Senin, 8 Agustus 2016.

“Setelah APBN dibongkar Sri Mulyani, dan faktanya tidak ada anggaran, ini membuktikan rencana pembangunan infrastruktur Jokowi tanpa perencanaan matang. Ironisnya anggota kabinet Jokowi hanya mengiyakan ‘kebodohan’ itu,” tegas Ahmad Yazid.

Menurut Yazid, berdasarkan fakta anggaran yang telah dipangkas tersebut, besar kemungkinan proyek ambisius Jokowi banyak yang mangkrak.

“Jokowi termakan sendiri omongannya yang nyindir pemerintah sebelumnya bahwa banyak proyek yang mangkrak,” papar Yazid.

Yazid menegaskan, konsep “blusukan” Jokowi ternyata tidak bisa menyelesaikan persoalan APBN.

“Justru blusukan Jokowi itu hanya pencitraan. Dan rakyat perlu tahu soal besaran anggaran blusukan Jokowi itu,” kata Yazid.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pemerintah merasa sulit untuk membangun proyek infrastruktur apabila hanya mengandalkan APBN.

“Tapi butuh dana yang besar dan cukup mustahil melihat pertumbuhan dan anggaran negara saat ini,” kata Sri Mulyani dalam acara World Islamic Economic Forum di Jakarta Convention Center, Jakarta

Sebelumnya, SBY juga pernah menasihati Jokowi untuk tidak secara jor-joran menggelontorkan dana un­tuk pembangunan infrastruktur. Langkah tersebut dikhawatirkan dapat mengganggu anggaran yang dialokasikan untuk rakyat miskin.

Masukan SBY ini langsung dijawab dengan sindiran pedas oleh Jokowi.

'Sedih melihat aset negara di proyek Hambalang mangkrak. Penuh alang-alang. Harus diselamatkan,'' tulis Jokowi dalam akun Twitter-nya,

Ternyata masukan SBY ada benarnya..
Baca juga :